Ini 6 tips membuat makanan berbalut tepung agar lebih krispi, coba yuk

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Siapa sih yang nggak suka dengan makanan gorengan berbalut tepung seperti ayam krispi? Hampir semua orang yang pernah makan ayam krispi di resto cepat saji, atau warung di pinggir jalan misalnya setuju jika makanan jenis ini terasa lebih nikmat.

Kerenyahan dan rasa gurih dari makanan yang diolah menggunakan balutan tepung ini tentunya akan semakin memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya. Maka tak heran jika kini sudah banyak jenis makanan lain yang juga diolah dengan berbalut tepung. Mulai dari udang, tempe, hingga sayur-sayuran, seperti terong.

Banyak orang mencoba membuat makanan berbalut tepung agar terasa krispi, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Bisa jadi hasil krispinya justru tidak renyah atau terlalu berminyak.

Nah biar kamu nggak mengulangi kesalahan tersebut, berikut ini 6 tips membuat makanan berbalut tepung agar hasilnya lebih krispi seperti dirangkum Hoopsbyjudy dari resepkoki.com, Kamis (19/4).

1. Perhatikan penggunaan tepung.

foto: foodnetwork.com

Untuk mendapatkan hasil makanan berbalut tepung yang krispi, tepung yang dipakai harus diperhatikan. Ada baiknya mencampurkan tepung terigu dengan tepung tapioka/kanji. Kalau mau hasilnya lebih renyah lagi, bisa dengan menambahkan sedikit baking soda atau baking powder.

2. Sediakan adonan tepung basah dan kering.

foto: masakanmu.com

Kamu juga bisa mencoba membuat dua adonan tepung yang berbeda, yakni adonan tepung basah dan adonan tepung kering. Pertama masukkan bahan makanan dalam adonan tepung basah, baru kemudian dimasukkan dalam adonan tepung kering. Hal ini dilakukan agar adonan tepung kering bisa lebih menempel dan menghasilkan gorengan yang lebih krispi. Selain itu, cara ini pun membantu agar lapisan tepung pada makanan menjadi lebih keriting dengan ketebalan yang sempurna.

3. Saat mengolah pastikan tangan dalam keadaan kering.

foto: rd.com

Ketika memasukkan dan menggulingkan bahan makana pada kedua adonan tepung pastikan tangan kamu dalam kondisi kering. Sebaiknya menggunakan tangan yang berbeda saat menggulingkan bahan makanan dalam adonan tepung. Misalnya tangan kiri hanya untuk memasukkan bahan makanan pada adonan kering dan tangan kanan hanya untuk memasukkan pada adonan basah. Hal ini berfungsi agar tepung kering tidak menggumpal dan basah.

4. Perhatikan penggunaan jumlah minyak.

foto: hellosehat.com

Untuk memperoleh hasil akhir gorengan yang krispi, usahakan untuk menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak atau deep frying. Dimana semua bagian makanan akan terendam dengan sempurna. Tak hanya itu, pastikan juga bahwa minyak sudah dalam keadaan benar-benar panas ketika akan menggoreng.

5. Jangan menggoreng dalam jumlah terlalu banyak.

foto: cookinwitgus.com

Menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak, bukan berarti kamu bisa menggoreng banyak bahan makanan sekaligus dalam waktu bersamaan. Goreng bahan makanan secukupnya saja agar terdapat cukup ruang untuk proses memasak yang lebih baik. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hasil gorengan berbalut tepung yang benar-benar krispi.

6. Tiriskan minyak.

foto: fitnessvsweightloss.com

Tips terakhir yaitu setelah makanan matang, kamu harus benar-benar meniriskan minyaknya terlebih dahulu beberapa saat. Hal ini bertujuan agar sisa minyak dapat turun dan hasil akhir makanan pun krispi lebih lama.

RECOMMENDED