Ini 7 hal yang bisa dilakukan dengan Rp 67 T duit Facebook yang hilang

Posted on

Brilio.net – Skandal Facebook pada Senin (19/3) menghebohkan dunia. Pemilik Facebook Mark Zuckerberg harus gigit jari setelah menerima kerugian Rp 67 trliun hanya dalam tempo satu hari.

Menurut laporan Bloomberg, Zuckerber menyatakan Cambridge Analytica menerima data melalui pengembang aplikasi di Facebook. Cambridge Analytica sendiri merupakan sebuah perusahaan konsultan periklanan tim sukses Donald Trump yang telah melanggar kebijakan Facebook dengan mengambil data 50 juta pengguna tanpa izin.

Akibatnya, harta Zuckerberg turun drastis sekitar USD 4,9 miliar atau sekitar Rp 67 triliun. Dalam Billionare Index Bloomberg, suami Priscillia Chan itu terpaksa harus turun ke posisi lima orang terkaya di dunia, di bawah Amancio Ortega. Kekahwatiran pun dirasakan banyak pihak, termasuk para investor yang mengetahui saham Facebook terperosok hingga 6,8 persen.

BACA Juga :   Habis Rp 1 M, ini 10 momen Syahrini umrah & liburan pakai First Travel

Bayangkan, hanya dalam sehari uang Zuckerberg ludes triliunan karena skandal yang terjadi tersebut. Tentu kamu bisa membayangkan, jumlah nominal uang yang raib itu bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Berikut ini, Rabu (21/3) brilio.net bikin tujuh hitungan yang bisa dilakukan dengan uang Facebook yang hilang itu.

1. Membangun stadion baru.

foto: Instagram/@joddybrianadam

Stadion Batakan di Kalimantan Timur menjadi salah satu kebanggan masyarakat Indonesia dengan biaya pembangunan sekitar Rp 1,2 triliun. Bayangkan, kerugian Zuckerberg hanya dalam tempo sehari sanggup membangun 56 stadion sekelas Batakan di Indonesia.

2. Membangun rusunawa.

foto: Instagram/@syahasep16

Pada 2017 lalu, kementerian PUPR menganggarkan Rp 14 miliar untuk membangun rumah susun sewa, terdiri dari tiga lantai dan memiliki 47 unit. Dengan total kerugian Zuckerberg, PUPR bisa membangun rusunawa sebanyak 4.785 unit rusunawa.

BACA Juga :   5 Spot wisata tersembunyi ini langganan para seleb dunia, mewah banget

3. Membangun jalan tol.

foto: Instagram/@seasiaig

Pembangunan jalan bebas hambatan di Indonesia memakan anggaran sekitar Rp 80 miliar per kilometer. Bayangkan saja, dengan kerugian Zuckerberg bisa mencapai 837 kilometer, setara jarak Jakarta ke Surabaya.