Ini Alasan Kenapa Umur 17 Dipilih Jadi Usia Minimal untuk Mengemudi. Nggak Boleh Dilanggar!

Posted on

Usia Minimal Mengendarai Kendaraan Bermotor

Beberapa hari lalu, sempat viral sebuah video di mana seorang anak sedang ditegur oleh anggota TNI karena membawa mobil ugal-ugalan di jalan. Padahal anak yang ada di video tersebut tampak masih duduk di bangku SD atau SMP. Yang lebih mengherankan, ibu dari anak tersebut justru terlihat membela anaknya. Diunggah oleh akun Facebook Eris Riswandi, kejadian yang diperkirakan terjadi di sekitar Depok, Jawa Barat itu langsung mengundang perdebatan soal umur minimal berkendara yang mungkin terlalu sering dihiraukan di Indonesia.

Sebenarnya semua orang juga pastinya tahu, kalau hanya mereka yang telah memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang boleh mengendarai mobil, motor, atau kendaraan bermotor lain. Persyaratan dan usia minimal pembuatan SIM pun sudah tertera dengan jelas dalam undang-undang. Mirisnya, banyak orang Indonesia yang tampaknya tidak peduli dengan ketentuan usia minimal tersebut. Termasuk orangtua yang memperbolehkan anaknya memalsukan umur atau ‘nembak’ SIM.

Pemandangan seperti ini sayangnya sering ditemukan di Indonesia via maspolin.com

Padahal pemilihan usia minimal 16 tahun untuk SIM motor dan 17 tahun untuk mobil itu tidak sembarangan lho. Bahaya banget jika dilanggar! Simak deh ulasan Hipwee News & Feature ini kalau nggak percaya!

BACA Juga :   Momen 7 seleb Tanah Air saat liburan di Jepang, jadi destinasi favorit

Usia 17 tahun memang sering jadi patokan umum dari kedewasaan, terutama di tataran legal. Dari mendapat KTP, ikut pemilu, hingga boleh mengemudi

Ultah ke-17, Casandra Lee nggak sabar pengen cepat punya KTP dan SIM via hot.detik.com

Tiap negara punya ketentuan atau aturan masing-masing tentang batasan usia legal. Tapi usia yang paling umum dijadikan patokan adalah 17 tahun. Termasuk Indonesia. Batasan usia legal itu biasanya berpusat pada kartu identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Indonesia. Semua warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun, boleh memiliki identitas legal KTP.

Kalau sudah memiliki KTP, kamu juga boleh mendaftar ikut menyumbangkan suara dalam pemilu dan tentunya mendaftar tes mengemudi untuk mendapatkan SIM. Menurut Undang-undang No.22 Tahun 2009, mereka yang mau mengendarai motor maupun mobil harus berusia minimal 17 tahun. Usia 17 seseorang sudah dianggap dewasa untuk diberi tanggung jawab.Hukuman bagi pelanggar cukup berat lho, yaitu bila didapati berkendara tanpa memiliki SIM akan dikenakan hukuman paling lama 4 bulan penjara atau denda maksimal sebesar Rp1 juta.

BACA Juga :   Sama-sama berkarakter kuat, begini beda gaya Jodie dan Ghea Idol

Alasan pemilihan usia 17 yang jadi patokan populer kedewasaan, itu tidak sembarangan. Menurut ahli neuropsikologis,

Fokus anak usia di bawah 16 tahun masih belum maksimal via www.amazine.co

Menurut neuropsikologi, Elizabeth Sowell, bahwa bagian otak remaja yaitu lobus fronta belum berkembang secara sempurna sebelum usia 17 tahun. Artinya, dalam mengatur perencanaan, pengorganisasian, serta antisipasi masih lemah. Padahal dibutuhkan fokus yang tinggi dan pengambilan keputusan yang tepat saat berkendara. Lobus frontal punya andil besar pada kedua hal tersebut.