Ini cara mudah bikin dadar gulung cokelat isi pisang, manis dan lezat

Posted on


Brilio.net – Kue dadar gulung merupakan panganan khas dari Indonesia. Camilan manis ini dapat digolongkan sebagai pancake yang biasanya diisi dengan parutan kelapa yang sebelumnya sudah dicampur dengan gula jawa cair atau disebut dengan unti.

Kulit dadar gulung yang pada umumnya berwarna hijau ini berasal dari pewarna daun suji. Kudapan yang sering dijumpai pada acara arisan atau pengajian ini memiliki tekstur yang lembut saat dimakan.

Nah kali ini berbeda dari biasanya, kue dadar gulung juga dapat diisi dengan varian lain seperti buah pisang. Warna kulitnya juga dibuat menjadi cokelat.

Jadi penasaran sama kue dadar gulung yang berbeda ini bukan? Yuk intip cara mudah membuat dadar gulung cokelat isi pisang yang dilansir brilio.net dari cookpad.com, Selasa (27/3).

Bahan kulit:
1. 100 gr tepung terigu
2. 1-2 sdm cokelat bubuk
3. 30-40 gr gula halus
4. Garam secukupnya
5. Vanila secukupnya
6. 350 ml santan asli
7. 1 butir telur

Bahan isian:
1. 5 buah pisang kepok
2. Dark Cooking Chocolate (DCC) secukupnya, serut

Cara membuat:
1. Campur terigu, cokelat bubuk, gula, garam, vanila. Lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai merata. Masukkan telur dan aduk hingga semua adonan menyatu.

2. Panaskan teflon dengan api kecil. Tuangkan 1 sendok sayur adonan lalu ratakan dengan cara diputar hingga bagian atasnya tidak lengket saat disentuh. Usahakan agar adonan dibuat menjadi tipis-tipis. Lakukan terus hingga adonan habis.

3. Kukus pisang hingga matang.

4. Ambil kulit yang tadi sudah dibuat, masukkan pisang dan DCC. Lipat hingga menutupi pisangnya. Lalu lipat lagi sisi sampingnya dan gulung.

5. Kue dadar gulung cokelat isi pisang pun siap disajikan. Selamat mencoba!

RECOMMENDED