Ini dosis vitamin C yang pas untuk tubuh kamu setiap hari, penting nih

Posted on



Hoopsbyhudy.com – Setiap tubuh seseorang membutuhkan berbagai macam nutrisi yang mengandung berbagai macam vitamin. Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan dalam tubuh adalah vitamin C.

Namun kadang, pengaruh pola hidup yang tak sehat, seperti paparan sinar matahari, polusi dan stres membuat seseorang bisa kekurangan vitamin C. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan seseorang ketika banyak mengonsumsi vitamin C, seperti sebagai antioksidan dan baik untuk kesehatan kulit untuk merangsang pertumbuhan kolagen.

Oleh sebab itu, dokter Marya Haryono, menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi banyak vitamin C setiap harinya. Namun ia juga mengatakan bahwa mengonsumsi vitamin C juga harus sesuai takaran, tidak boleh berlebihan atau pun kekurangan.

“Konsumsi vitamin C dari buah dan sayur, untuk orang Indonesia berdasarkan satuan Angka Kecukupan Gizi (AKG). Takaran AKG vitamin C yang disarankan adalah 70-90 miligram (mg). Selain itu boleh juga mengonsumsi suplemen tapi harus memilih suplemen dengan baik,” katanya saat ditemui di acara peluncuran minuman Oronamin C di Jakarta, Kamis (5/7).

Sementara itu, dosis vitamin C yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah 90 miligram (mg) yang bisa didapat dari 4-5 porsi buah dan sayur.

“Khusus untuk perokok aktif dan pasif bisa menambah vitamin C hingga 100-200 mg,” tuturnya.

 

 

(brl/gib)