Jadi favorit saat bulan puasa, ini resep mudah bikin kolak biji salak

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Makanan pembuka atau takjil yang sering kali menjadi pilihan banyak orang untuk berbuka puasa adalah kolak pisang. Rasa kuah santannya yang manis sedikit gurih dan legitnya pisang tentunya akan memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya.

Nah ternyata selain kolak pisang, masih banyak varian kolak lainnya yang tidak kalah enak. Sebut saja seperti kolak ubi, kolak labu, kolak candil ketan dan juga kolak biji salak.

Kolak biji salak merupakan salah satu kuliner tradisional yang menggunakan ubi jalar sebagai bahan utamanya. Dinamakan kolak biji salak karena biasanya panganan ini berbentuk lonjong yang menyerupai buah salak. Teksturnya kenyal dan lembut.

Dilansir Hoopsbyjudy dari cookpad.com, Kamis (24/5), berikut ini resep dan cara membuat kolak biji salak yang menjadi primadona saat bulan Ramadan tiba.  

Bahan kolak biji salak :

1. 500 gr ubi jalar atau ubi merah
2. 150 gr tepung tapioka
3. Garam secukupnya

Bahan gula merah cair :

1. 200 gr gula merah
2. 2 lembar daun pandan
3. 4 gelas air
4. Garam secukupnya

Bahan santan :

1. 200 ml santan kelapa siap pakai
2. 1 lembar daun pandan
3. 1,5 gelas air
4. Garam secukupnya

Cara membuat :

1. Pertama, bersihkan ubi jalar, lalu kukus hingga matang dan empuk.



2. Tumbuk ubi sampai hancur, lalu campurkan tepung tapioka sedikit demi sedikit dan garam secukupnya sampai adonan kalis.



3. Kemudian bentuk adonan tadi jadi bulat-bulat.



4. Untuk membuat gula merah cairnya, pertama campurkan gula merah yang sudah diiris-iris kecil agar lebih cepat cair, dengan air, sedikit garam dan masukkan daun pandan. Lalu masak hingga matang dan diamkan dengan api kecil jika sudah matang.

 



5. Dalam panci lainnya rebus air hingga panas, lalu masukkan adonan ubi yang sudah dibentuk tadi dan angkat jika sudah mengambang di atas permukaan panci.



6. Masukkan ubi yang sudah direbus tadi ke dalam kuah gula merah cair.



7. Untuk membuat santan, pertama larutkan santan dengan air, masukkan sedikit garam dan daun pandan. Aduk semua bahan hingga menyatu dan matang.

8. Sajikan dalam mangkuk dan tuangkan santan ketika ingin disantap. Bisa disajikan hangat ataupun dingin dengan tambahan es batu. Selamat mencoba!

RECOMMENDED