Jangan Minder Kuliah di Kampus Swasta, 6 Keuntungan ini Akan Kamu Dapatkan

Posted on


Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) baru saja selesai. Selamat, buat kamu yang baru saja melewatinya. Meski belum pengumuman, agaknya kamu sudah bisa sedikit bernapas lega sebab semua persiapan yang telah kamu lakukan sebelumnya sebentar lagi bisa kamu tuai hasilnya.

Namun, hidup nggak berhenti sampai di situ saja, masih ada lagi ujian-ujian lain yang mesti diselesaikan. Apalagi kalau bukan ujian masuk perguruan tinggi. Untukmu yang sebentar lagi akan menjalani Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), persiapkan dirimu baik-baik agar berhasil masuk ke PTN favoritmu. Namun jikalau kamu belum berhasil, jangan berkecil hati. Kampus swasta juga nggak seburuk yang kamu pikirkan. Justru ada keuntungan lain saat kamu memilih kampus swasta. Berikut beberapa di antaranya.

1. Beberapa kampus swasta menawarkan biaya yang lebih murah dibanding kampus negeri. Alternatif supaya orangtua nggak terlalu repot membiayaimu

Kampus swasta via www.pexels.com

Beberapa kampus swasta memiliki penawaran yang cukup menarik kepada calon mahasiswanya. Salah satunya adalah biaya yang lebih murah dibanding dengan kampus negeri favorit. Hal ini tentu cocok buat kamu yang sedang bimbang, ingin kuliah namun kondisi keuangan sedang nggak sehat. Maka dari itu kampus swasta menjadi salah satu alternatif untuk mewujudkan keinginanmu berkuliah dengan biaya yang minim.

2. Selain itu, waktu perkuliahan relatif lebih fleksibel. Cocok bagi kamu yang sudah bekerja

Waktu lebih fleksibel via www.pexels.com

Kampus swasta juga acap menawarkan pilihan waktu kuliah yang lebih fleksibel. Misalnya kuliah malam hari. Program ini biasanya ditujukan untuk mengakomodir mereka yang jadwalnya sibuk karena sudah bekerja. Sekali lagi, kampus swasta menjadi jawaban atas kebingunganmu soal biaya – kamu yang nggak ingin merepotkan orang tua bisa berkuliah sembari bekerja. Pagi kerja, malam kuliah. Capek sedikit nggak apa-apa lah.. yang penting nggak merepotkan orang lain.

3. Keinginan untuk belajarmu di luar kampus (ikut kegiatan) akan lebih besar. Ini akan memberikanmu banyak pengalaman karena bertemu dengan banyak orang

Ikut berbagai kegiatan via unsplash.com

Orang-orang yang berkuliah di kampus swasta biasanya–karena satu dan lain hal–haus akan pengalaman. Maka dari itu umumnya mereka akan cenderung lebih aktif mengikuti kegiatan di luar kampus. Dari sini pelan-pelan, mereka akan mendapat banyak pengalaman dan banyak teman. Dua hal tersebut menjadi bekal yang bagus untuk mereka di masa depan. Kamu mau coba?

4. Banyak kesempatan di kampus swasta. Kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari beasiswa (berprestasi) sebab sainganmu tentu nggak sebanyak di kampus negeri

Saingan sedikit via unsplash.com

Kampus swasta juga menawarkan banyak kesempatan memperoleh beasiswa laiknya kampus negeri. Bedanya, kansmu untuk mendapatkannya relatif mudah sebab persaingannya lebih sedikit. Maka dari itu ada baiknya kamu memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dan berusaha sekeras mungkin agar kamu bisa sedikit meringankan orangtuamu perihal beban biaya kuliah. Itu baru beasiswa, belum lagi soal kesempatan pertukaran mahasiswa ke luar negeri, kansmu tentu juga makin terbuka.

5. Karena kampus swasta lebih kompetitif dan harus “jualan”, mereka lebih terdorong untuk terus meningkatkan fasilitasnya sebaik mungkin demi reputasi

Kampus swasta lebih gercep soal pembaharuan via www.pexels.com

Kampus swasta juga biasanya gercep soal pembaharuan, utamanya terkait infrastruktur dan fasilitas. Yap! Demi menaikan nilai tawar, pembaharuan menjadi hal wajib yang harus dilakukan demi menjawab tantangan berkompetisi dengan kampus negeri. Mau nggak mau harus ada sesuatu yang unggul supaya menarik untuk mahasiswa baru. Selain biaya dan beberapa hal yang sudah dijabarkan di atas, segenap pembaharuan infrastruktur dan fasilitas ini patut kamu pertimbangkan.

6. Kampus swasta umumnya punya kelas yang lebih kecil. Hal ini membuat perkuliahan menjadi lebih efektif dan sangat mungkin kelas berjalan partisipatif

Belajar menjadi lebih fokus via www.pexels.com

Nggak bisa dimungkiri bahwa kampus negeri punya sistem belajar yang baik. Tapi bukan berarti di kampus swasta sistem belajarnya jelek. Kampus swasta memiliki keunggulan tersendiri ihwal jalannya perkuliahan. Kampus swasta umumnya punya kelas yang lebih kecil karena mahasiswanya nggak sebanyak kampus negeri. Justru karena itulah perkuliahan sangat mungkin berjalan lebih efektif dengan sedikit mahasiswa. Interaksi yang dibangun oleh dosen juga akan lebih partisipatif. Kamu akan lebih dekat dengan dosenmu, lebih mudah bertanya, dan lebih cepat paham.

Kampus negeri memang menjadi prioritas bagi sebagian besar orang untuk menilik realita dunia kerja di mana perusahaan lebih terbuka menerima lulusan kampus negeri. Namun bagi kamu yang kurang beruntung, nggak usah berlebihan meratapi nasib nggak diterima di kampus negeri. Toh kampus swasta nggak selamanya buruk. Sebagaimana yang sudah dijabarkan, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Lagipula kepintaran dan pengetahuan nggak dilihat darimana kamu berasal, namun seberapa cakap keahlian dan pengetahuanmu kamu aplikasikan di lapangan. Buktinya lulusan kampus bergengsi ada saja yang menganggur. Intinya soal bagaimana kamu belajar, bukan di mana kamu belajar.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya