Jangan Sedih Punya Kulit Berminyak dan Mudah Mengilap. Untungnya Banyak!

Posted on

Keuntungan punya kulit berminyak

Jenis kulit itu ada beberapa macam, salah satunya adalah kulit berminyak. Selain mudah tumbuh jerawat, si pemilik kulit berminyak juga kerap mengeluh lantaran wajahnya cepat mengilap. Padahal habis mandi 10 menit yang lalu, tapi wajah udah kelihatan berkilau aja. Bedak yang tadinya udah menutup pori-pori dan jerawat, hilang seketika karena tersapu minyak wajah.

Hmm, kesal memang. Tapi tahu nggak? punya kulit berminyak nggak selamanya mendatangkan dampak buruk lho. Di balik hal-hal menjengkelkan yang kerap kamu rasakan, kulit berminyak juga punya keuntungan yang nggak diduga-duga.

1. Kulit berminyak menghasilkan sebum atau minyak alami yang membantu menjaga kelembapan kulit

lembap terus via www.lorealparisusa.com

Sadar nggak sih kamu, kulit berminyak itu lebih halus dan lembut dibandingkan dengan kulit kering lho. Meski rentan menimbulkan masalah, produksi minyak alami yang keluar dari kulit membantu menjaga kelembapan melalui penguapan keringat. Hal ini yang bikin proses regenerasi juga berlangsung dengan lebih optimal, kulit pun jadi nggak kering dan bersisik.

BACA Juga :   10 Kado Spesial untuk si Dia yang Berhati Lembut Nan Suka Kucing. Meong, Meong!

2. Minyak alami kulitmu itu bisa berfungsi sebagai SPF lho! Nggak khawatir lagi deh kena paparan sinar UV

nggak takut matahari lagi via www.videoblocks.com

Nggak hanya lebih lembap dan halus, kulit berminyak juga lebih terlindung dari pengaruh buruk lingkungan, seperti sinar UV dan polusi udara. Sebum di kulitmu itu berperan sebagai pelindung atau perisai alami lho. Sinar UV, debu dan polusi akan lebih sulit menempel dan butuh lebih banyak waktu untuk menembus lapisan kulit karena terhalang minyak alami. Alhasil kulit akan lebih terjaga kesehatannya. Tapi, bukan berarti lantas kamu menyepelekan sunblock, ya!

3. PH kulit lebih seimbang karena banyaknya minyak alami pada kulitmu

tahan polusi via www.quickenloans.com

Minyak yang dihasilkan kulitmu memegang peranan penting dalam menentukan tingkat keasaman kulit (pH). Keadaan ini bikin kulitmu punya lapisan asam oleat yang lebih tebal, sehingga perlindungan terhadap kuman atau bakteri jadi lebih tinggi. Lapisan asam oleat ini memiliki pH 4,5-6,2 dan mencegah sel-sel dari kerusakan serta mempertahankan kelembapan kulit.