Jangan Takut Donor Darah! 8 Fakta Ini Akan Menjauhkanmu Dari Kata ‘Ogah’

Posted on


Featured Image

Aktivitas donor darah dipandang sebagai kegiatan positif nan mulia, karena dapat menolong sesama. Nggak juga punya manfaat buat si penerimanya, donor darah ternyata bakal meningkatkan kualitas hidup pendonor. Sayangnya, beberapa orang masih takut untuk melakukan donor darah dengan alasan phobia jarum suntik, takut darah, nggak punya waktu, dan alasan-alasan nggak bermutu lainnya. Yakin deh, rugi banget kalau kamu sampai tidak atau belum pernah mencobanya.

Beberapa fakta mengenai donor darah ini mungkin bisa membuat kamu tergerak dan tidak lagi takut untuk donor darah. Cekidot! 

1. Beruntunglah kamu yang mau donor darah. Menyelamatkan orang lain itu, berkah

beruntunglah kamu via www.redcross.org

Donor darah merupakan salah satu pekerjaan mulia selain jadi guru, lho! Jangan heran kalau kamu disebut superhero karena habis donor darah. Tapi jangan ngarep, ya? Donor darah memang tindakan mulia, tapi lebih mulia lagi kalau kamu ikhlas melakukannya.

Ingat, 1 kantong darah itu bisa menyelamatkan 3 nyawa sekaligus. WOW!

2. Nggak cuma berpahala, kesehatan jantungmu pun ikut terjaga

donor darah sehatkan jantung

donor darah sehatkan jantung via www.google.co.id

Penelitian membuktikan bahwa pendonor darah memiliki resiko 88% lebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung, juga mengurangi resiko hingga 33% menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

Mau tau teorinya? Jadi, donor darah terbukti dapat menurunkan level zat besi dalam darah. Zat besi berfungsi untuk mempercepat proses oksidasi kolesterol dalam tubuh yang berdampak tidak baik bagi arteri. Nah, dengan berkurangnya level zat besi ini, maka jantung kita akan lebih sehat. Jadi sehat itu murah kok, sebetulnya.

3. Tubuhmu pun semakin segar dan produktif. Jauh deh dari lemas, letih dan lesu!

aktif produktif

aktif produktif via www.google.co.id

Orang yang aktif melakukan donor darah, tubuhnya akan lebih cepat melakukan regenerasi sel sarah merah ketimbang mereka yang bukan pendonor. Pembentukan sel darah ini bermanfaat untuk membantu kerja organ lainnya. Bisa dibilang, donor darah adalah suplemen buat kamu yang lemah, letih, lesu dan malas beraktivitas.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya