Jauh dari kesan formal, begini 5 aksi Presiden Jokowi jamu tamu negara

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Presiden ke-7 Indonesia, Joko Widodo, merupakan salah satu Presiden yang kerap melakukan kegiatan-kegiatan yang cukup unik dan berbeda dibanding pemimpin-Indonesia sebelumnya. Apalagi jika mengingat bahwa pria yang lebih akrab disapa Jokowi ini adalah pemimpin negara. 

Pria yang mulai menjabat sebagai Presiden Indonesia pada 20 Oktober 2014 ini memang dikenal sebagai sosok yang sederhana dan tidak neko-neko. Ayah dari Kaesang Pangarep ini juga dikenal sebagai presiden yang cukup gaul. Bahkan ia mempunyai vlog atau video blog-nya sendiri di YouTube.

Kesederhanaan pria kelahiran 21 Juni, 56 tahun yang lalu ini ternyata sering terlihat dari kebiasaannya selama menjadi presiden. Salah satunya seperti saat dirinya tengah menjamu tamu-tamu dari berbagai negara.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (1/6), Hoopsbyjudy telah merangkum 5 aksi Presiden Jokowi saat menjamu tamu dari berbagai negara yang jauh dari kesan formal.

1. Mengajak Sultan Brunei Darussalam bermain bulutangkis.

foto: setkab.go.id

Pada awal Mei tahun 2018 atau tepatnya pada tanggal 3 Mei kemarin, Presiden Jokowi mengajak Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah bermain bulutangkis di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta. Saat itu Presiden Jokowi berpasangan dengan Alan Budi Kusuma dan Sultan Brunei berpasangan dengan Hendry Saputra. Diketahui, pertandingan bulutangkis tersebut merupakan salah satu bentuk diplomasi.

2. ‘Blusukan’ ke Pasar Tanah Abang bersama Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

foto: setkab.go.id

Pada tahun 2016 lalu atau tepatnya pada 9 September 2016, Presiden Jokowi mengajak Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mengunjungi pusat grosir tekstil dan garmen Pasar Tanah Abang, Jakarta. Seusai melakukan ‘blusukan’ di Pasar Tanah Abang, Presiden Jokowi melakukan upacara penyambutan resmi terhadap kunjungan kenegaraan Presiden Filipina.

3. Mencoba es teh manis di mal bersama Presiden Korea Selatan.

foto: YouTube/Kementrian Sekretariat Negara RI

Saat Presiden Korea Selatan, Moon Jae-In mengunjungi Indonesia sebagai pertemuan bilateral pada 9 September tahun lalu, Presiden Jokowi cukup membuat banyak kejutan. Mulai dari mengendarai sendiri mobil golf bersama Moon Jae-In menuju Bogor Trade Mall, mengunjungi toko yang menjual baju batik hingga mengajak Presiden Korea Selatan mencicipi salah satu teh legendaris, Teh Tong Tji yang dijual dalm mal tersebut.

4. Bermain layangan bersama PM India di Monas.

foto: Facebook/Presiden Joko Widodo

Sama-sama memiliki kesamaan yang unik, yaitu bermain layangan. Presiden Jokowi pun tidak ragu mengajak Perdana Menteri India, Narendra Modi untuk bermain layang-layang di sebuah pameran layang-layang di Monas pada 30 Mei 2018. Hal ini ia lakukan untuk menyambut kunjungan PM India ke Indonesia.

5. Mengajak PM Singapura membatik.

foto: setkab.go.id

Pertemuan bilateral antara Presiden Indonesia, Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong pada 14 November tahun 2016 bertempat di Semarang, Jawa Tengah. Saat itu, Presiden Jokowi mengajak PM Singapura untuk mengunjungi Lawang Sewu dan juga membatik.

(brl/red)