Juara bertahan keok, begini peta persaingan 16 besar Piala Dunia 2018

Posted on



Hoopsbyhudy.com – Sudah 12 tim yang lolos melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 hingga Kamis (28/6). Secara hitung-hitungan sudah tercipta skenario perang antar tim unggulan di babak knock out ini.

Uruguay, Rusia, Spanyol, Portugal, Perancis, Denmark, Kroasia , Argentina, Meksiko, Swedia, Brasil dan Swiss sudah memastikan langkah ke babak selanjutnya. Tinggal empat tim lagi dari grup G dan H yang masih menunggu kepastian kelolosan. Namun, melihat dari klasemen grup G dan H sepertinya sudah bisa diraba mengenai tim yang saling berlawanan di babak 16 besar.

Sesuai hitung-hitungan, Uruguay akan melawan Portugal di babak 16 besar. Kemudian tuan rumah Rusia melawan Spanyol. Jalan terjal harus dilalui oleh Perancis dan Argentina. Pasalnya mereka akan saling duel di babak perdelapan final. Kemudian Denmark akan melawan Kroasia di babak 16.

Seandainya Perancis atau Argentina yang lolos ke babak perempatfinal, mereka juga akan bersua dengan tim sulit. Perancis atau Argentina akan bertemu dengan Uruguay atau Spanyol.

Sementara itu Brasil  terhindar dari lawan Jerman di babak 16 besar. Brasil yang menempti puncak klasemen grup E, akan melawan Meksiko sebagai runner up grup F. Sementara Swiss akan melawan Swedia di babak perdelapan final.

Kejutan terjadi di grup H yang di babak 16 besar bakal berhadapa dengan juara dan runner up grup G. Polandia dan Kolombia digadang-gadang sebagai tim yang lolos ke babak 16 dari grup H. Namun, mereka justru kesulitan. Apalagi Polandia yang terseok-seok mendapatkan poin penuh.

Justru tim non-unggulan, Jepang dan Senegal memiliki kesempatan besar lolos. Jika saja Jepang menang lawan Polandia dalam matchday terakhir di grup H maka secara mengejutkan Jepang akan menjadi juara grup. Siapa yang akan mendampingi akan tergantung laga Kolombia dan Senegal.

Sementara di grup G, Belgia dan Inggris menjadi dua tim yang akan lolos ke babak 16 Besar. Pada matchday terakhir, mereka akan duel menentukan peringkat klasemen. Jika imbang, Inggris yang berhak lolos ke babak knock out.

Dengan demikian, sepertinya Inggris dan Belgia akan terhindar dengan laju sulit. Tak bermaksud merendahkan tim lawan, namun di atas kertas Inggris dan Belgia jelas lebih unggul dibandingkan Jepang, Senegal dan Kolombia. Bisa jadi Inggris vs Senegal/Kolombia/Jepang di babak 16 besar. Sementara Belgia akan melawan Jepang melawan Senegal/Kolombia/Jepang.

Peta tim seperti ini jelas akan memudahkan Inggris, Brasil, Belgia dan Spanyol menuju perempatfinal. Bagi kamu yang memfavoritkan Argentina dan Perancis sepertinya harus berdebar-debar untuk menanti kelolosan ke babak perempatfinal.

 

(brl/lea)