Juara Yamaha Electone Festival 2018 melenggang ke tingkat Asia Pasifik

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Yamaha Electone Festival 2018 yang diprakarsai Yamaha Musik kembali digelar tahun ini, tepatnya 5-6 Mei 2018. Festival yang diperuntukkan bagi siswa Electone di Sekolah Musik Yamaha ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kualitas permainan Electone mereka. Dalam festival ini, para siswa dituntut untuk menampilkan Original Composition atau Arrangement karya mereka sendiri.

Ada beberapa kategori dalam kompetisi ini, yaitu Junior A (6-8 tahun), Junior B (9-11 tahun), Junior C (12-14 tahun), Senior (15 tahun ke atas). Sejumlah 46 peserta mengikuti babak penyisihan pada Sabtu (5/5). Pada hari yang sama, mereka terpilih menjadi 34 siswa yang maju ke babak semi final.

Selanjutnya, ke-34 siswa menjalani seleksi kembali di hadapan para juri, yakni Jusak Nugraha (Instruktur dan Penguji High Grade Yamaha Music Education System – YMES), Christine Wong (Instuktur Electone YMES), Tjia Jenny Tjahjono (Juara International Electone Festival tahun 1977, Instruktur dan Penguji High Grade YMES), Aryono Hubojo Djati (Juara Electone 1984, Musisi), dan Dian HP (Music Director, Musisi Nasional).

Seleksi tahap semi final ini menyaring 20 finalis yang terdiri dari kategori Junior A sebanyak 3 orang, Junior B sebanyak 5 orang, Junior C sebanyak 7 orang, dan Senior sebanyak 5 orang.

Kompetisi tak berhenti sampai di sini. Ke-20 finalis tersebut maju ke babak Indonesia final pada Minggu (6/5). Giliran Jusak Nugraha, Aryono Hubojo Djati, dan Widya Kristianti (Juara Electone Festival tahun 1976, Music Director, Musisi Nsional) yang menilai ke-20 finalis. Akhirnya terpilihlah Juara Nasional Yamaha Electone Festival 2018 yaitu sebagai berikut:

Junior A:
Juara I Michael Ethan Hoo dari Halmahera Music, Semarang

Junior B:
Juara I Dionysius Dino Notohardjo dari YMI Pacific Place, Jakarta

Junior C:
Juara I Sabina Octaria Siregar dari YMI Gatot Subroto, Jakarta

Senior:
Juara I Rio Manuel dari YMI Pacific Place, Jakarta

foto: Istimewa

Perjuangan belum berakhir. Kesempatan emas dan tantangan menunggu para Juara I dan II dari kategori Junior B, Junior C, dan Senior. Mereka akan mewakili Indonesia di Asia Pacific Electone Festival 2018. Kebetulan tahun ini, acara tersebut diadakan di Jakarta. Asia Pacific Electone Festival 2018 sendiri akan diikuti oleh 7 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Hong Kong, Cina, dan Taiwan.

Dengan adanya kompetisi Yamaha Electone Festival, diharapkan para siswa Electone semangat mengikuti ajang ini. Dengan begitu, diharapkan pula akan semakin banyak musisi lulusan Sekolah Musik Yamaha yang memiliki gaung di Tanah Air maupun mancanegara.

 

 

 

(brl/tin)