Kau Kira Mengecek Kosmetik Bermerkuri Itu Gampang? 6 Fakta Ini Bisa Membuka Mata dan Pengetahuanmu

Posted on

hal dan fakta penting tentang kosmetik dengan kandungan mercury

Nggak peduli berapapun usianya, semua orang terlebih kaum hawa tentu ingin senantiasa tampil memukau setiap saat. Salah satu cara untuk mencapai penampilan yang cantik maksimal tentunya adalah dengan merawat kulit dari dalam maupun dari luar dong ya? Nah, jika perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan menjalani pola hidup sehat dan seimbang, maka cara dari luar yang umumnya dilakukan adalah menggunakan produk perawatan kulit.

Beragam produk perawatan yang beredar di pasaran kerap diiklankan dengan begitu persuasif, sampai-sampai produk yang sebenarnya cuma dibutuhkan beberapa jadi membludak sampai belasan jumlahnya. Nggak apa-apa sih, selama produk tersebut memang bisa memenuhi kebutuhan kulitmu. Bahayanya kalau sampai produk-produk ternyata malah mengandung bahan berbahaya, seperti misalnya merkuri yang sedang dihebohkan para warganet akhir-akhir ini. Hmm, jadi gimana sih caranya membedakan produk bermerkuri dan apa saja sih dampaknya untuk kesehatan? Simak baik-baik ulasan Hipwee Tips kali ini ya!

1. Banyak unggahan simpang siur tentang bahaya produk bermerkuri di berbagai laman media sosial kamu. Tapi sebenarnya kamu tahu nggak nih yang apa dan bagaimana si merkuri ini?

Penampakannya sih cantik, tapi… via en.wikipedia.org

Dilansir dari halosehat.com dan livescience.com, merkuri atau disebut juga air raksa yang memiliki simbol Hg dalam tabel kimia ini merupakan salah satu jenis logam yang banyak ditemukan di alam terlebih di lapisan kerak bumi seperti bebatuan, biji-bijian tambang, tanah, air dan bahkan udara. Simbol Hg merkuri dalam tabel kimia, diambil dari sebutannya dalam bahasa Yunani yaitu hydrargyrum yang bermakna ‘perak cair’ yang merujuk pada wujudnya yang terlihat bak perak berkilau yang dicairkan. Merkuri banyak dimanfaatkan dalam industri seperti pembuatan alat termometer dan pembuatan bohlam.

FYI, merkuri ini adalah salah satu elemen yang sangat beracun alias tingkat toksisitasnya sangat tinggi. Elemen ini juga mampu masuk ke tubuh melalui luka yang terbuka, terhirup atau tertelan. Merkuri sangat populer digunakan dalam produk pemutih kulit karena kemampuannya menghambat pembentukan melanin sehingga kulit tampak lebih putih dalam waktu singkat. Tapi hati-hati guys, di balik kekuatan instannya tersebut, tersimpan bahaya mengerikan yang wajib diwaspadai!

2. Disebut-sebut sebagai kandungan yang berbahaya, ternyata ini risiko jangka pendek yang akan menimpa seseorang yang terpapar kandungan merkuri dalam konsentrasi besar

hati-hati tersiram air raksa atau terhirup uapnya! via www.crosswalk.com

Jika kamu (amit-amit ya) sampai terpapar merkuri dalam konsentrasi besar, maka dampaknya akan sangat mengerikan. Oleh karena itu penanganan zat ini wajib sangat berhati-hati dan dengan pengawasan ketat, seperti memakai sarung tangan dan masker penutup hidung dan mulut yang sesuai standar kesehatan.

BACA Juga :   10 Foto ini buktikan kacaunya kehidupan di Rusia era 90-an

Dampak jangka pendeknya jika sampai terpapar elemen ini dalam jumlah besar adalah sebagai berikut:

  • Jika sampai tersiram cairan merkuri atau air raksa, maka cairan yang bersifat korosif tersebut dapat melukai kulit karena dapat membuat lapisan kulit menipis. Yang pasti kulit dapat terbakar dan melepuh.
  • Kalau sampai kena mata, ya jangan tanya lagi ya seramnya gimana karena besar kemungkinan dapat mengalami kebutaan.
  • Jika terhirup dalam konsentrasi besar, efeknya dapat membuat seseorang mengalami keracunan
  • Meski dibanding jika terhirup, risiko tertelan sedikit lebih rendah namun tetap saja hal tersebut berbahaya. Terlebih kalau kamu memiliki fistula atau saluran tidak normal di tubuh, penyakit peradangan gastrointestinal atau jika merkuri tersimpan dalam jangka waktu lama di saluran gastrointestinal.

3. Dalam konsentrasi kecil, produk bermerkuri terkesan lebih aman karena efeknya tak instan terlihat. Tapi hati-hati, bahaya jangka panjangnya nggak kalah mengerikan dibanding terpapar langsung dalam jumlah besar!

Ingin terlihat putih bahkan meski sudah berkulit cerah… via www.indoindians.com

Merkuri dapat terserap melalui saluran pencernaan, kulit dan saluran pernafasan. Keracunan merkuri yang bersifat neurotoksin dapat memicu kerusakan sistem saraf pusat, gagal ginjal bahkan kerusakan otak. Karena bersifat larut dalam lemak, merkuri elemental ini mudah masuk melalui sawar darah otak dan plasenta.

Karena dapat masuk melalui plasenta, merkuri dapat mengganggu perkembangan janin. Di otak, merkuri akan terakumulasi di korteks cerebrum (otak besar) dan cerebellum (otak kecil) sehingga mengganggu fungsi enzim dan transport sel. Jadi ini lho alasannya kamu wajib waspada pakai produk apapun, terutama saat sedang hamil!