Kaya akan bumbu, 5 varian kari Asia ini siap menggugah seleramu

Posted on

Hoopsbyhudy.com – Kari merupakan salah satu kuliner yang menjadi favorit banyak orang Indonesia. Kuliner dengan cita rasa kuat ini berasal dari kandungan bumbu rempah-rempah yang berlimpah di dalamnya.

Kuliner ini identik dengan kuah berwarna kuning serta rasanya yang tajam dan sedikit pedas. Cita rasanya yang khas itu ternyata terdiri dari beragam bumbu dan rempah-rempah seperti ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, cengkeh dan masih banyak lagi.

Kari sendiri sebenarnya berasal dari daerah Asia Selatan, terutama banyak ditemukan di India. Ternyata kelezatan yang dimiliki kuliner berkuah ini tersebar luas hingga ke berbagai negara di kawasan Asia Pasifik dan juga Eropa. Bahkan di Asia sendiri kari mempunyai banyak jenisnya, lho!

BACA Juga :   5 Kisah Misteri yang Membuktikan Bahwa Hantu Juga Suka Usil. Hobi Banget ya Ganggu Manusia!

Mau tahu apa saja? Berikut 5 varian kari di Asia yang lezatnya nggak usah diragukan lagi, seperti dirangkum Hoopsbyjudy dari pergikuliner.com, Rabu (11/4).

1. India.

foto: taste.com.au

India merupakan negara asal makanan kari, maka tak mengherankan jika kari India menjadi yang paling terkenal dibanding negara lainnya. Kari India biasanya menggunakan daging ayam atau kambing yang kemudian diberi bumbu dengan 25 macam rempah-rempah. Isinya antara lain kunyit, cabai, jahe, ketumbar, cengkeh, kayu manis, lada, jinten, bawang putih, daun salam, biji pala, bubuk paprika dan lainnya.

Semua rempah-rempah tersebut dihaluskan memakai batu lalu dicampur dengan santan kental, krim dan buah-buahan kering. Perbedaan cita rasa kari India dengan kari lainnya adalah kuahnya yang begitu kental dan rasanya yang sedikit asam karena menggunakan campuran jeruk nipis, tomat dan yoghurt di dalamnya. Umumnya masyarakat India mengonsumsinya dengan roti cane.

BACA Juga :   5 Restoran cepat saji ini sering memberikan diskon fantastis, lho!

2. Jepang.

foto: japan.recipetineats.com

Kari dari negara Jepang juga termasuk salah satu kari yang digemari banyak orang. Di negara asalnya, makanan ini disebut dengan kare yang terbuat dari daging sapi dengan tambahan aneka sayuran seperti kentang, wortel dan bawang bombay.

Penyajian kari Jepang berbeda dari kari biasanya karena langsung disajikan dengan seporsi nasi dalam satu piring. Tak hanya itu, kari dari Negeri Sakura ini juga biasanya terdapat katsu daging ayam atau daging babi dalam penyajiannya. Kuah kari Jepang memiliki kekentalan yang cukup tinggi karena menggunakan tambahan tepung.

3. Timur Tengah.