Kehilangan Telinga Pasca Kecelakaan, Dokter Berhasil Menumbuhkan Telinga Baru di Tangan Pasien Ini

Posted on


Gimana bisa telinga tumbuh di lengan seseorang?! Ah pasti fotonya hoax….

Jika melihat foto aneh dan mengherankan itu di feed media sosial, kebanyakan orang mungkin bakal menganggapnya sebagai hoax. Paling juga cuma orang iseng yang sedang melatih skill editing fotonya karena nggak mungkin telinga bisa menempel dan tumbuh di tangan seperti itu. Tapi menurut berbagai laporan media besar seperti CNN, foto itu asli dan bukan hasil rekayasa.

Potret tersebut merupakan hasil dari prosedur medis terbaru di bidang rekonstruksi kecantikan alias operasi plastik. Alih-alih mengganti bagian tubuh yang rusak atau hilang dengan prostetik, dokter kini bisa menumbuhkan organ seperti telinga dan hidung dari sel tubuh pasien itu sendiri. Prosedur yang sekilas terdengar mustahil ini ternyata bahkan sudah berhasil dilakukan dalam beberapa kasus. Bukan cuma menumbuhkan telinga di tangan, ada juga dokter yang berhasil menumbuhkan hidung baru di dahi seorang pasien. Mau tahu kisah lengkapnya? Simak deh ulasan Hoopsbyjudy News & Feature ini!

Foto lengan yang ‘ditumbuhi’ telinga tersebut milik seorang tentara Amrik yang kehilangan telinga kirinya pasca kecelakaan mobil. Dengan ‘telinga palsu tapi asli’, ia bisa punya penampilan yang lebih alamiah

Ditumbuhkan di lengannya sendiri, ‘telinga palsu’ nantinya ditransplantasi ke area telinganya yang hilang via www.livescience.com

Sebuah kecelakaan lalu lintas yang hampir berakhir fatal, membuat seorang tentara Amerika Serikat bernama Shamika Burrage kehilangan telinga kirinya. Meski awalnya sudah berkomitmen hidup dengan telinga prostetik yang umumnya terbuat dari bahan silikon, seperti yang dilaporkan CNN, Burrage ternyata tidak suka penampilannya yang terlihat kurang alamiah. Maka dari itu, ia mencoba mencari-cari alternatif prosedur operasi plastik untuk membuat penampakan telinga barunya lebih baik.

Alangkah kagetnya Burrage ketika tim dokter menawarkan untuk menumbuhkan telinga baru di lengannya. Meski sempat skeptis dan pesimis, Burrage akhirnya memutuskan mencoba prosedur ini. Bahkan tim dokternya berjanji bahwa dalam lima tahun, tidak akan ada yang menyangka bahwa telinga kiri yang ‘tertempel’ di wajah Burrage itu palsu.

Prosedur yang disebut prelamination ini ternyata sudah sukses dilakukan di berbagai kasus. Intinya, jaringan tulang lunak dari bagian tubuh lain akan dibentuk dan ditanamkan kembali ke tubuh pasien

Karena berasal dari sel jaringan tubuh sendiri, kulit dan pembuluh darah baru bisa terbentuk via www.nejm.org

Sebagaimana dilansir dari LiveScience, prosedur yang disebut ‘prelamination‘ ini dimulai dengan membuat cetakan tulang lunak dari bagian yang hilang atau ingin digantikan. Cetakan telinga seperti dalam kasus Burrage biasanya diambil dari jaringan tulang lunak di sekitar tulang rusuk pasien. Cetakan tersebut umumnya dibuat dengan bantuan model telinga asli yang dicetak lewat teknologi 3D. Setelah jadi, cetakan tersebut lalu dimasukkan ke dalam luasan kulit seperti lengan yang sengaja dipotong dan dibuka. Makanya jika dilakukan di lengan, prosedur itu disebut operasi ‘prelaminated forearm free flap(prelimation di lengan).

Karena cetakan berbentuk telinga atau organ tubuh lain yang ingin diganti itu berasal dari jaringan tubuh pasien sendiri, nantinya kulit dan pembuluh darah baru bisa terbentuk di sekelilingnya. Setelah tertutup sempurna dan tumbuh di bawah jaringan kulit, cetakan itu ‘dipanen’ untuk selanjutnya ditransplantasikan ke tempat organ tujuan.

Bukan cuma telinga aja, seorang pria di Cina dulu pernah menumbuhkan hidung baru di dahinya. Foto ini mungkin terlihat aneh bin ajaib tapi 100% nyata!

Selama proses penumbuhan hidungnya, mungkin bapak ini nggak berani keluar rumah kali ya~ via news.nationalgeographic.com

Setelah infeksi parah pasca kecelakaan, pada tahun 2013, dokter memutuskan untuk mengganti hidung seorang pria yang berasal dari Cina dengan prosedur prelamination. Berbeda dengan kulit lengan, sebagaimana dilansir dari National Geographic, dahi dipilih untuk menumbuhkan hidung baru karena kulitnya konsisten atau sama dengan kulit hidung asli yaitu dari area wajah. Hidung juga memiliki struktur yang lebih kompleks daripada telinga, makanya prosesnya mungkin butuh pengulangan, penambahan lapisan, dan waktu yang lebih lama.

Makanya jika pasien-pasien prelamination di lengan bisa dengan mudah menutupi area penumbuhan organnya dengan perban atau lengan panjang, pasien yang menumbuhkan hidung di dahi mungkin tidak keluar ruangan selama berbulan-bulan hingga hidung barunya siap. Pasalnya, pasti akan banyak orang yang kaget dan terheran-heran jika melihat seorang pria dengan hidung menempel di dahinya.

Foto-foto dan potret yang sekilas tampak begitu mengerikan, aneh, dan cenderung hoax ini bisa jadi tren yang semakin populer dalam prosedur operasi plastik. Terutama buat mereka yang butuh rekonstruksi organ baru karena kecelakaan atau infeksi. Jadi jangan skeptis itu foto hoax kalau lihat foto aneh-aneh, siapa tahu itu inovasi manusia terbaru yang kembali mendobrak batasan yang tadinya dikira mustahil jadi memungkinkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya