Kelihatan Santai, tapi Duit Ngalir Terus. Ternyata Ini 6 Sumber Kekayaan Keluarga Kerajaan Inggris!

Posted on


Lupakan dulu pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle yang tinggal menghitung hari ini. Kali ini kita bakal bicara soal sumber penghasilan keluarga kerajaan Inggris yang dipimpin Queen Elizabeth II itu. Pernah nggak sih kamu bertanya-tanya, mereka itu kelihatannya nggak kerja, kegiatannya cuma kunjungan ke sana ke mari, menghadiri acara, atau press conference. Tapi kok kelihatannya duitnya nggak ada habisnya ya…

Kalau kamu mau tahu berapa jumlah kekayaan Ratu Elizabeth II, jawabannya seperti dilansir CNN sih sekitar 470 juta dolar, atau kalau dirupiahkan lebih dari 6,5 triliun! Jangan kaget dulu, ternyata jumlah segitu masih nggak ada apa-apanya sama jumlah kekayaan orang-orang kaya di Inggris lho. Tapi, tetap aja kan bikin penasaran, dari mana sang Ratu mendapat uang sebanyak itu ya kalau kerjaannya cuma plesir terus? Nih, Hoopsbyjudy News & Feature udah merangkum 6 sumber pendapatan keluarga kerajaan Inggris. Simak bareng yuk!

1. Meskipun kayaknya cuma memimpin kerajaan, tapi tiap tahun sang Ratu menerima ‘Sovereign Grant‘ dari pemerintah yang jumlahnya fantastis lho

Perputaran sovereign grant via www.bbc.co.uk

Sovereign Grant ini bisa dibilang ‘jatah’ uang dari negara buat kerajaan yang semuanya dilimpahkan ke Ratu Elizabeth II. Pada dasarnya uang ini diterima negara dari mega bisnis properti milik kerajaan, namanya Crown Estate. Berdasarkan perjanjian, tiap tahunnya Ratu menerima 15-25% dari keuntungan Crown Estate itu. Sedangkan sisanya dipakai negara buat pembiayaan yang lain. Soalnya di dalamnya itu ada uang pajak juga.

Nah, tahun lalu, berdasarkan laporan CNN, sang Ratu mendapat Sovereign Grant sebesar $58 juta atau setara Rp800-an miliar! Uang ini bakal diputar lagi buat biaya perjalanan, keamanan, staf dan pemeliharaan istana kerajaan, dan lain-lain. Sisanya baru deh buat dana tak terduga.

2. Selain itu, Ratu juga menerima thePrivy Purse‘, pendapatan pribadi yang sebagian besar diperoleh dari The Duchy of Lancaster

Peta the Duchy of Lancaster milik pribadi Ratu via www.slideshare.net

Selain Crown Estate, keluarga kerajaan juga mendapat penghasilan pribadi atau the Privy Purse yang diperoleh dari The Duchy of Lancaster – aset properti dan tanah yang sudah dimiliki kerajaan dari ratusan tahun lalu. Aset seluas 18 ribu hektar tanah itu kebanyakan dibangun buat perumahan, bisnis perkantoran, dan properti pertanian. Dari 2015-2016, Ratu menerima the Privy Purse sekitar $21,7 juta atau Rp302 miliar lebih.

3. Belum lagi properti pribadi, investasi bisnis, dan sejumlah cottage yang disewakan untuk publik. Nggak kaget kalau tiap tahun panen duit

Sandringham House milik pribadi Ratu di Norfolk, Inggris via www.dailymail.co.uk

Ratu dikabarkan juga memiliki aset pribadi yang kalau ditotal mencapai $414,7 juta. Ia punya hak penuh atas kepemilikan Balmoral Castle di Skotlandia dan Balmoral and Sandringham Estates, yang diwariskan mendiang Ayahnya, King George VI. Nah, kalau anak tertua Ratu Elizabeth II, Prince Charles, atau ayah dari duo ganteng Prince William dan Prince Harry, menguasai the Duchy of Cornwall – mega bisnis properti, termasuk sejumlah pulau dan cottage yang disewakan. Sekitar 90% penghasilannya dari sana guys.

4. Ratu juga punya berbagai koleksi karya seni dan prangko berharga. Hmm, jangan ditanya total nilainya deh, jelas bisa buat traktir orang sekampung lah!

Crown Jewels kebanggan Ratu via www.express.co.uk

Ratu Elizabeth II ternyata juga dikenal suka mengoleksi berbagai karya seni bernilai jutaan dolar, termasuk Crown Jewels dan koleksi prangkonya, yang kalau dijual mungkin bisa buat beli Pulau Jawa~ Barang-barang seni itu dikelola oleh the Royal Collection Trust, sebuah badan amal gitu. Nggak cuma itu lho, Ratu juga punya saham di berbagai perusahaan. Wagelaseeeh!

5. Eh tapi ada lho keluarga kerajaan yang ternyata punya jabatan di perusahaan. Prince William pun dulu juga pilot di East Anglian Air Ambulance!

Prince Harry waktu masih jadi tentara. Ganteng abis! via www.upi.com

Nah, kalau anggota kerajaan yang lain gimana dapat duitnya? Ternyata nggak sedikit member keluarga yang punya jabatan di berbagai perusahaan. Prince Harry dulu sempat terjun ke dunia militer selama 10 tahun lho. Kalau kakaknya, sempat jadi pilot helikopter ambulans di East Anglian Air Ambulance. Ada juga cucu Ratu Elizabeth II lainnya yang bernama Princess Beatrice dan Princess Eugenie. Dilansir dari Insider, Beatrice saat ini adalah pekerja full-time di ranah bisnis, sedangkan Eugenie adalah direktur di sebuah galeri seni.

6. Tapi sekarang Prince William dan Prince Harry udah sepakat buat mengabdikan diri untuk membantu pekerjaan Queen Elizabeth II sebagai ratu

Keluarga kerajaan Inggris via www.deccanchronicle.com

Saat ini baik Prince William maupun Harry, udah berhenti dari dunia militer dan mau mengabdikan diri sepenuhnya jadi wakil keluarga kerajaan. Ratu juga punya 2 anak lain, Prince Andrew (Ayah dari Beatrice dan Eugenie) dan Prince Edward, yang keduanya juga sama-sama mengabdi jadi bagian dari kerajaan, mewakili Ratu kunjungan, menghadiri acara, dan lain-lain. Pokoknya yang berhubungan sama kerajaan deh. Karena itu mereka dapat ‘gaji’ dari Sovereign Grant tadi.

Sebenarnya Ratu Elizabeth II pun punya jejak karir di dunia militer lho guys. Anak-anak dan menantunya juga pernah tercatat bekerja di perusahaan teater, agensi PR, pemerintahan, sampai atlit! Tapi itu dulu, kalau sekarang mungkin aturannya udah beda kali ya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya