Kenalan dengan Coloane dan Taipa. Sisi Lain Macao yang Bikin Kamu Serasa Trip Ke Eropa

Posted on


Liburan ke Eropa mungkin jadi impian banyak orang. Menyusuri jalanan kota nan rapi dengan fasad bangunan yang antik tentu akan menghasilkan foto yang cantik. Maka tak heran kini banyak traveler yang melirik Eropa untuk petualangan selanjutnya. Akan tetapi, biaya untuk ke Eropa masih belum semurah ke Asia. Memang ada sih tiket promo pesawat, tapi susah sekali mendapatkannya karena harus berebut dengan traveler lainnya.

Nah, Hoopsbyjudy punya alternatif nih. Selama ini kamu mungkin berpikir bahwa Macao itu identik dengan belanja.  Padahal sejatinya ada banyak tempat wisata yang keren di Macao yang belum banyak diketahui oleh traveler. Banyak destinasi bernuansa Eropa di Macao.

Nah, di antara sekian banyak destinasi di Macao, kali ini Hoopsbyjudy Travel bakal membahas Coloane Village dan Taipa Village, dua desa di Macao yang kental banget Eropanya dan bahkan dijuluki sisi lain dari glamournya Macao. Penasaran? Yuk simak!

Buat kamu yang kurang suka belanja, ada baiknya kamu cobain Taipa Village deh. Nuansa pedesaan dengan bangunan peninggalan kolonial yang sangat epik!

taipa village via belavistapropertyservices.com

Taipa Village bukanlah seperti desa yang kamu bayangkan. Destinasi ini menawarkan kehangatan suasana pedesaan modern yang kental dengan budaya perpaduan Portugis dan Tionghoa. Jadi banyak sekali bangunan peninggalan Portugis yang dilestarikan di Taipa Village. Susuri jalanan Taipa Village dan temukan rumah-rumah berfasad ala Eropa dengan warna-warna pastel yang menyenangkan mata kita. Instagram kamu bakal hits banget sih dengan latar belakang bangunan ala Taipa village.

Bangunan dengan warna hijau telur asin berarsitektur Eropa ini adalah Taipa Houses Museum. Buat pecinta sejarah dan arsitektur, wajib ke sini

taipa houses museum via www.flickr.com

Di pesisir pantai Taipa, ada beberapa rumah yang penampilannya memanjakan mata. Dulunya sih rumah ini adalah rumah pejabat administratif kota, tapi sekarang dijadikan museum. Beberapa di antaranya berisi furnitur ala China dan Eropa. Museum dengan warna hijau telur asin ini punya bentuk yang unik dan pasti bakal bikin kamu tak akan melepaskan lensa kameramu. Coba deh ke sana!

Nggak lengkap apabila kamu nggak berwisata kuliner di Taipa. Nikmati santapan khas Portugis yang klasik di Portugália, spot favorit wisatawan di Taipa

Portugália via www.theloophk.com

Berwisata ke Taipa tak lengkap apabila kamu melewatkan wisata kuliner di sana. Nikmati kuliner Portugis di Portugália, sebuah restoran yang menyediakan makanan Portugis klasik. Berada tepat di jantung Taipa, Portugália menempati bangunan bercorak Portugis setinggi 3 lantai. Tempat ini jadi favorit penduduk lokal dan juga wisatawan yang berkunjung ke Taipa karena suasananya yang santai dan menu makanan yang lezat.

Udah bikin ngiler belum? via www.taipavillagemacau.com

Nah, selain menu-menu Portugália, banyak kuliner lain di Taipa Village yang wajib kamu coba. Salah satunya adalah Cheung Chau Mochi. Terletak di Rua de Horta e Sousa, kamu boleh mulai membayangkan kenyal dan lembutnya mochi dipadukan dengan segarnya buah-buahan seperti mangga, strawberry dan durian. Yang paling terkenal di sini sih mango dan durian mochi.

Setelah mencoba Mango & Durian Mochi, jangan lewatkan segarnya kesegaran DiGreen Ice Cream. Beda lho dari es krim biasa. Sesuai dengan trend gaya hidup sehat di Macao, DiGreen menawarkan es krim sehat yang rendah lemak dan rendah kalori. Yang paling terkenal adalah es krim berbentuk popsicle. Dibuat dengan bahan-bahan alami dan segar, kamu bisa pilih sendiri rasa favoritmu seperti Mango, Durian, Coconut, Black Glutinous Rice, White Coffee, Sweet Popcorn.

Seger banget! via www.taipavillagemacau.com

Nah, buat kamu yang penasaran untuk ekplore yang lebih wah lagi, coba deh mampir ke Tapas Da Portugal. Di Macao, restoran dan bar ini terkenal banget karena menawarkan suasana serta hidangan khas Portugis. Hidangannya pun beragam banget, mulai dari makanan berat dari olahan daging sampai snack-snack ringan seperti salad, sandwich, dan pastinya puding serradura yang terkenal itu. Cocok nih buat makan malam setelah seharian jalan-jalan.

Selain Taipa Village, ada lagi Coloane Village yang merupakan desa di pesisir yang bernuansa Portugis. Cocok untuk menikmati sore…

coloane village via en.wikivoyage.org

Jika kamu ingin menikmati sore di pesisir dengan nuansa pedesaan Portugis, Coloane Village harus jadi destinasi yang kamu datangi di Macao. Ada Chapel St Francis Xavier yang jadi ikon Coloane Village, warnanya yang kuning cetar bakal jadi latar apik untuk foto kamu. Menyusuri jalanan Coloane yang lumayan sepi tentu jadi pilihan menarik saat mengunjungi Macao. Bila Taipa punya Portugália yang khas, di Coloane kamu bisa menikmati sore di pesisir sembari menikmati Lord’s Stow Egg Tart.

Jika sedang ke Coloane, sempatkanlah mengunjungi Coloane Library, perpustakaan yang bangunannya didirikan pada tahun 1911

coloane library via www.library.gov.mo

Beralamat di Rua 5 de Outubro, sebuah perpustakaan klasik jadi sebuah landmark Coloane yang menarik. Bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1911 awalnya adalah sekolah dasar yang ditempatkan di daerah terpencil. Sejak tahun 1983, bangunan ini telah dialihfungsikan sebagai perpustakaan. Memang, dengan luas 170 meter persegi, perpustakaan ini tidaklah terlalu besar. Namun bangunan ini sangatlah cocok sebagai destinasi wisata alternatif di Coloane Village.

Kalau sudah di Coloane, jangan sampai lupa mampir ke dua pantai keren ini: Hac Sa Beach  dan Cheoc Van Beach! Biar liburanmu ke Macao sah!

View Hac Sa Beach dari atas via shutterstock.com

Bicara soal pantai di Macao, Hac Sa beach lah yang paling terkenal. Nggak cuma karena merupakan pantai terbesar di Macao, juga karena pasirnya yang berwarna hitam! Wah, jarang-jarang kan ada pantai berpasir hitam? Memang pasirnya nggak benar-benar hitam, karena pemerintah Macao menambahkan pasir kuning untuk menghindari erosi. Tapi pasir asli yang hitam bikin air lautnya juga terlihat gelap. Meski begitu, Hac Sa Beach aman untuk berenang kok.

Lalu masih ada Cheoc Van Beach nih. Meski nggak sebesar Hac Sa Beach, Cheoc Van Beach yang terletak 1,5 km dari pusat Coloane Village ini relatif lebih sepi dan lebih bersih. Pas banget buat kamu yang suka menyendiri di pantai untuk cari inspirasi.

Pantai Cheoc Van via www.macaomagazine.net

Tiket pesawat ke Macao kini sudah termasuk murah, sekitar 1-2 jutaan saja. Jauh lebih murah daripada tiket pesawat ke Eropa dong ya. Makanya, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk bisa menikmati suasananya. Di Macao pun kamu bisa mendapatkannya. Terutama kamu yang menyukai suasana tenang nan klasik, Taipa dan Coloane Village cocok banget kamu jadikan destinasi utama. Tunggu apa lagi, kapan kamu liburan ke Macao?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya