Kumpulan Resep Kue Tanpa Oven di Balik Kemasan Margarin. Anak Kos Juga Bisa Bikin!

Posted on


Featured Image

Memasuki pertengahan bulan puasa, apa yang sudah kamu siapkan untuk menyambut datangnya hari raya? Khususnya untuk keluarga tercinta?

Banyak hal yang bisa diberikan untuk orangtua maupun saudara di rumah sebagai hadiah spesial di hari raya. Salah satu yang banyak dilakukan adalah membelikan baju baru atau memberi angpau selayaknya. Nah, gimana kalau ternyata kamu nggak punya cukup uang untuk memberikan hadiah istimewa buat orang-orang tercinta? Tenang, kue-kue ini bisa jadi jawabannya!

Kue-kue tanpa oven ini bersumber dari resep di balik kemasan margarin yang banyak jadi referensi untuk dipraktikkan karena saking praktisnya. Jadi, kamu bisa membuatnya sendiri dengan peralatan sederhana yang ada di dapur indekos. Lalu hasilnya kamu bawa pulang sebagai hadiah sekaligus suguhan hari raya di rumah. Biar nggak lupa, simpan dulu aja resepnya, ya!

1. Rasa gurih dan manisnya camilan dari kacang yang dipadu dengan lezatnya selai stroberi bisa kamu buat dengan mudah tanpa oven. Ini kue praktis yang pertama, Kue Kacang Stroberi

Kue Kacang Stroberi via www.bundamasak.com

Bahan yang diperlukan:

  • 100 gr selai kacang
  • 2 sdm margarin
  • 100 gr gula halus
  • 100 gr kacang tanah tanpa kulit, sangrai
  • 5 sdm selai stroberi
  • 1/2 sdt garam

Cara membuatnya:

  1. Campurkan selai kacang, margarin, gula halus, dan garam di dalam mangkuk. Aduk hingga rata.
  2. Masukkan kacang tanah matang yang sudah dihancurkan lalu aduk kembali hingga rata.
  3. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil. Tekan bagian tengahnya dengan jempol hingga membentuk cekungan. Lalu tambahkan selai stroberi ke setiap cekungan adonan.
  4. Masukkan bola-bola kue ke kulkas. Dinginkan hingga kurang lebih 1 jam sebelum disajikan.

2. Bosan dengan Kukis Cokelat? Kamu bisa berkreasi dengan membuat Kukis Oat Gula Aren yang juga nggak butuh oven untuk mengolahnya

Kukis Oat Gula Aren via everydaydishes.com

Bahan yang diperlukan:

  • 50 gr margarin
  • 100 gr gula pasir
  • 100 gr gula aren
  • 60 ml susu cair
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 70 gr selai kacang
  • 100 gr oat/havermut
  • 50 gr kelapa parut yang sudah dikeringkan

Cara membuatnya:

  1. Masukkan margarin, gula pasir, gula aren, susu dan cokelat bubuk ke dalam wajan, aduk rata lalu didihkan dengan api sedang, angkat.
  2. Masukkan oat dan kelapa parut kering, aduk rata. Masukkan selai kacang, aduk rata kembali.
  3. Tuang di atas loyang berbentuk bulat-bulat, pipihkan, ulangi sampai adonan habis, lalu dinginkan selama 15 menit sebelum disajikan.

3. Khusus buat keponakan, buatkan Rainbow Crispy Treats yang berwarna-warni. Bahan-bahannya simpel dan mudah banget proses pembuatannya

Rainbow Crispy Treats via www.iheartnaptime.net

Bahan yang diperlukan:

  • 3 sdm margarin
  • 200 gr marshmallow
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 300 gr sereal tawar
  • 100 gr meses warna-warni

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan margarin dan marshmallow di panci sedang dengan api kecil. Aduk hingga semua tercampur rata.
  2. Tambahkan vanili bubuk lalu masukan sereal. Aduk lagi sampai rata.
  3. Masukkan meses warna-warni lalu aduk kembali hingga rata. Matikan kompor.
  4. Tuang adonan ke dalam loyang persegi panjang yang sudah diberi lapisan plastik kemudian ratakan. Taburi lagi dengan meses warna-warni.
  5. Dinginkan adonan selama 30 menit. Rainbow Crispy Treats pun siap disajikan.

4. Meski tanpa oven, Kue Putri Salju kali ini lebih spesial karena dikreasikan dengan rasa pandan ditambah manisnya taburan gula halus

Putri Salju Pandan via asabhrina.wordpress.com

Bahan yang diperlukan:

  • 100 gr margarin
  • 35 gr gula halus
  • 100 gr kacang mete, sangrai dan haluskan
  • 2 sdt esens pandan
  • 155 gr tepung terigu
  • 100 gr gula bubuk

Cara membuatnya:

  1. Masukkan margarin dan gula halus ke dalam mangkuk besar, aduk hingga pucat. Tambahkan esens pandan lalu aduk kembali.
  2. Tambahkan kacang mete dan tepung terigu lalu aduk hingga rata.
  3. Bulatkan adonan, bungkus dengan plastik, lalu simpan di dalam kulkas selama 30 menit.
  4. Keluarkan adonan dari kulkas, pipihkan, lalu cetak adonan sesuai selera. Kalau Hoopsbyjudy sih pakai cetakan bentuk bulan.
  5. Panaskan panci pengukus tanpa air dengan api kecil. Oleskan margarin di atas saringan panci.
  6. Masak adonan di atas panci pengukus tanpa air selama kurang lebih 20 menit dengan api kecil sampai matang. Angkat dan dinginkan kue.
  7. Gulingkan kue ke gula halus hingga rata. Putri Salju Pandan pun siap disajikan.

5. Bola-bola Margarin juga bisa jadi referensi kue lebaran praktis yang dibikin tanpa oven. Kali ini pakai cokelat putih, ya!

Bola-bola Margarin via www.viva.co.id

Bahan yang diperlukan:

  • 150 gr margarin
  • 200 gr gula halus
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 150 gr tepung terigu
  • 1 sdm air
  • 100 gr cokelat chips
  • 100 gr cokelat putih, lelehkan
  • Biskuit mari untuk hiasan

Cara membuatnya:

  1. Aduk margarin dan gula halus hingga rata. Tambahkan vanili bubuk, garam, tepung terigu, air, dan cokelat chips. Aduk hingga menjadi adonan.
  2. Bentuk adonan jadi bola-bola kecil. Dinginkan selama 30 menit.
  3. Celupkan bola adonan ke dalam cokelat putih cair. Kemudian tambahkan potongan biskuit mari di atasnya.
  4. Diamkan sejenak selama 10 menit hingga kering lalu sajikan.

6. Bikin pie nggak harus pakai loyang besar kok, Pie Cokelat dan Kacang Margarin mini ini pas banget buat hidangan lebaran yang nggak biasa

Pie Cokelat dan Kacang Margarin via cookpad.com

Bahan yang diperlukan:

  • 20 gr gula halus
  • 80 gr selai kacang
  • 35 gr margarin
  • 150 gr cokelat
  • Kacang sangrai untuk hiasan

Cara membuatnya:

  1. Lelehkan 10 gr margarin, aduk rata bersama selai kacang dan gula halus.
  2. Lelehkan 15 gr margarin dan cokelat di dalam mangkuk di atas air mendidih.
  3. Tuang cokelat leleh ke dalam cup kue, diamkan selama 5 menit. Lalu tuang adonan kacang margarin, diamkan selama 5 menit. Tutup kembali dengan cokelat leleh. Lalu hias atasnya dengan kacang sangrai.
  4. Dinginkan dalam kulkas selama 15 menit sebelum disajikan.

7. Berbahan dasar biskuit mari, kamu bisa bikin Kue Kelapa Kismis yang cukup didinginkan di kulkas saja. Mudah banget!

Kue Kelapa Kismis via www.kingarthurflour.com

Bahan yang diperlukan:

  • 50 gr margarin
  • 35 gr gula palem
  • 1/2 kaleng susu kental manis
  • 200 gr biskuit mari, hancurkan
  • 1/2 cup kismis
  • 20 gr santan bubuk
  • Kelapa parut yang sudah dikeringkan

Cara membuatnya:

  1. Masukkan margarin, gula, dan susu kental manis ke dalam panci. Panaskan hingga leleh dengan api sedang tapi jangan sampai mendidih. Lalu pindahkan adonan ke mangkuk sedang.
  2. Campurkan biskuit mari, kismis, dan santan bubuk. Aduk hingga rata. Tuang adonan margarin ke campuran biskuit. Aduk rata.
  3. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi plastik. Tekan adonan hingga membentuk kue.
  4. Dinginkan kue selama kurang lebih 1 jam lalu potong kotak-kotak. Tambahkan kelapa parut sesuai selera.

8. Kue sus biasa jadi andalan ibu-ibu untuk makanan ringan di berbagai acara, termasuk lebaran. Cara bikinnya pun sekarang lebih mudah dengan digoreng, jadi tanpa perlu oven

Bola-bola Sus Keju Goreng via www.kingarthurflour.com

Bahan yang diperlukan:

  • 150 gr tepung terigu
  • 150 gr margarin
  • 1 sdt baking powder
  • 4 butir telur
  • 3 sdm keju cheddar parut
  • 250 ml air
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng

Cara membuatnya:

  1. Campurkan air, margarin, dan garam lalu rebus hingga mendidih dengan menggunakan panci sedang dan api kecil.
  2. Masukkan tepung terigu lalu aduk hingga membentuk adonan kalis. Angkat adonan lalu masukkan baking powder.
  3. Tambahkan telur ke dalam campuran adonan. Aduk hingga rata. Tambahkan keju cheddar parut lalu aduk kembali.
  4. Bentuk adonan menyerupai bola menggunakan sendok lalu masukkan ke minyak goreng yang sudah panas. Goreng hingga kecokelatan dan mengembang.
  5. Angkat dan tiriskan. Tambahkan topping sesuai selera. Bola-Bola Sus Keju Goreng siap disajikan.

Setelah melihat resep-resep kue tanpa oven yang super praktis ini, semoga nggak ada alasan lagi buat mudik ke kampung halaman tanpa bingkisan ya! Selamat mencoba 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya