Kunjungi Turki, Anies Baswedan cium botol berisi janggut Rasulullah

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Tepat 16 Oktober 2017 lalu, Anies Rasyid Baswedan resmi dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta hingga tahun 2022 mendatang. Saat itu ia berhasil mengalahkan pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta 2017.

Sejak menjadi gubernur, cucu dari pejuang kemerdekaan Abdurrahman Baswedan ini pun sibuk membenahi Jakarta. Ia tampak antusias membenahi berbagai hal agar menjadi lebih baik. Meski kerap mendapatkan kritikan, rupanya malah membuat Anies semakin termotivasi.

Nah baru-baru ini, Anies kembali menjadi perbincangan publik. Ya, dalam kunjungannya ke Turki, pria 48 tahun ini mendapatkan kesempatan langka. Bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Anies dipersilakan mencium botol.

Bukan botol sembarangan, ternyata isinya sehelai janggut Rasulullah SAW. Hal itu ia ungkapkan dalam foto yang diunggah pada Sabtu (21/4) lalu, seperti Hoopsbyjudy kutip dari akun Instagram @aniesbaswedan, Minggu (22/4).

Selesai shalat Jumat, kami berjalan masuk ke ruang kecil dekat Makam Abu Ayyub al-Anshari. Di ruangan itu hanya ada sekitar 20 orang. Presiden Erdogan berada di tengah dan saya duduk di sampingnya.
.
Di ruang kecil itu, kami duduk dengan tenang dan khusyuk. Lalu Presiden Erdogan memulai dengan membaca Surat Yaasiin dan kami ikut membaca. Setelah itu beberapa orang imam di ruangan melantunkan ayat suci Al-Quran secara bergantian selama hampir satu jam.
.
Sembari para imam dan qari’ melantukan ayat-ayat suci, seorang imam menunjukkan suatu barang yang dibungkus kain berlapis. Saya perhatikan ada lebih dari 10 lapis kain berwarna hijau dan putih yang dipakai sebagai pembungkus.
.
Ternyata yang dibungkus itu adalah sebuah botol kecil yang kacanya amat bening dan di dalamnya terlihat sehelai rambut. Botol itu kemudian diletakkan di meja kecil depan Presiden Erdogan, persis di samping tempat saya duduk.
.
Setelah rangkaian pembacaan Al-Quran itu berakhir, seorang Imam memimpin doa yang diamini oleh semua dan dipungkasi dengan Presiden Erdogan melantunkan Al-Fathihah & beberapa ayat pembuka Al-Baqarah sebagai penanda bahwa dzikir selesai.
.
Presiden Erdogan lalu memegang botol itu dan menciumnya. Kemudian ia berikan botol itu pada saya. Saya pun menciumnya. Semua masih hening, suasananya menggetarkan. Bulu kuduk terasa berdiri; apapun sebabnya tapi faktanya adalah terasa merinding.
.
Tahukah apa isinya? Botol yang bening itu menyimpan sehelai rambut dari janggut Rasulullah SAW. Siang itu, kami berdua yang berkesempatan untuk menciumnya.
.
Sebuah pengalaman luar biasa. Itu semua terjadi tanpa direncanakan; Allah Sang Maha Pengatur mentakdirkan semua itu terjadi di sebuah masjid yang dekat dengan sejarah perjuangan, Masjid Eyup Sultan.
.
Fabiayyi ‘aalaa’i rabbikumaa tukadzdzibaan…
.
Atas kebaikan Dubes Turki untuk Indonesia, HE Mehmed Kadri Sander Gurbuz, momen tak terlupakan ini beliau abadikan gambarnya, tepat setelah selesai dzikir.
.
*ABW,” tulis Anies dalam caption fotonya.

Dalam foto, tampak Anies duduk di sebelah Presiden Erdogan. Anies mengaku telah mencium sebuah botol bening berisi janggut Nabi Muhammad SAW saat berkunjung ke Turki, usai Salat Jumat, pada Jumat (20/4).

Gubernur DKI Jakarta ini juga mengunggah foto botol bening yang berisi helaian janggut Rasulullah SAW di akun Instagram miliknya. Rupanya pengalaman Anies yang mendapatkan kesempatan langka mencium botol berisi janggut Rasulullah itu banjir komentar dari warganet.

“Yaallaah pak, sy senang sekali mendengarnya.. semoga Allah selalu menjaga anda dimana pun anda berada,” kata akun @farah_athoz28.

MasyaAlloh sehat terus ya bpak sya aja merinding membacanya apalgi bapak mencium btol yg didalam nya tersimpan sehelai janggut Rasulullah,” kata akun @nilamsari22.

Beruntung sekali Pak Anies bisa melihat dan mencium botol tempat menyimpan janggut Rasulullah SAW. Sy yg membacanya saja tergetar dan menitikkan airmata.. Madad Ya Rasulullah,” kata akun @eddie.thamrin.

Sangat terharu bacanya pak @aniesbaswedan bapak sangat beruntung diberi kesempatan itu.. Semoga Jakarta akan menjadi kota yg lebih baik dalam segala hal..aminnn,” kata akun @zokinasution.

Jadi haru bacanya.. rasanya wlopun gk jumpa sama rasulullah mencium rambutnya saja bahagia tiada tara . Allahumma shalli’ala sayyidina muhammad..” kata akun @mia92darry.

(brl/fen)