Lansia di Jepang kini ditemani robot, jadi keluarga yang bahagia

Posted on



Di sebuah panti jompo yang tampaknya biasa di pusat kota Tokyo, para lansi banyak senyum. Mereka tersenyum bareng robot . Mereka berbicara dan bergerak mengikuti instruksi si robot, mengangkat tangan dan membuat gerakan-gerakan lain. Di lantai yang berbeda, para lansia berbaur dengan robot anjing peliharaan Sony Corp AIBO dan robot robot Intelligent System Co.

“Saya dapat berbicara dengan mereka tanpa terlalu berhati-hati tentang apa yang saya katakan. Jika ini adalah manusia, saya harus mempertimbangkan orang seperti apa mereka,” kata Kazuko Yamada, 84, salah satu penghuni panti jompo Shintomi selama lebih dari satu 10 tahun.

Sebanyak 40 lansia tinggal di Shintomi dan ditemani 20 robot. Robot-robot tersebut adalah ke fasilitas pada tahun 2013 setelah menerima dana dari pemerintah di bawah program yang bertujuan untuk mengatasi kekurangan tenaga kerja.

Pasalnya, Jepang menghadapi masalah ketenagakerjaan yang serius, karena orang yang berusia 65 tahun atau lebih menyumbang 27,2 persen dari total penduduk. Bagi orang lanjut usia di Jepang, robot seperti itu seperti anggota keluarga dengan kenangan yang tak tergantikan.

 

(brl/nng)