Makan nanas baik buat wanita yang datang bulan, mitos atau fakta?

Posted on



Hoopsbyhudy.com – Mungkin sebagian orang banyak yang sudah mendengar tentang berbagai anggapan miring tentang buah nanas. Buah berwarna kuning ini memang merupakan salah satu buah yang menimbulkan beberapa mitos di kalangan masyarakat luas.

Satu di antara mitos yang kerap didengar dari buah ini adalah jika seorang perempuan hamil mengonsumsi nanas maka dapat menyebabkan keguguran. Banyak yang menganggap kandungan asam yang terdapat dalam buah dengan kulit bertekstur kasar ini lah yang dapat menyebabkan seseorang keguguran.

Namun ternyata, mitos yang beredar tersebut hanyalah sebuah mitos alias tidak benar adanya. Selain itu, banyak dari kaum perempuan yang menghindari menyantap nanas ketika mereka sedang datang bulan, karena menganggap hal itu tidak baik bagi kesehatan.

Akan tetapi, benarkah adanya seperti itu? Atau hal tersebut hanyalah sebuah mitos belaka? Yuk cari tahu jawabannya dari penjelasan di bawah ini yang Hoopsbyjudy lansir dari hellosehat.com, Senin (7/5).

Buah nanas merupakan salah satu buah tropis yang kaya akan vitamin, enzim dan antioksidan. Menurut Laura Flores, seprang ahli gizi dari San Diego, kandungan zat gizi terbanyak pada buah nanas ditemukan pada vitamin C dan mangan. Selain itu nanans juga mengandung vitamin B dan juga enzim bromelain yang baik untuk memproduksi energi dalam tubuh.

Banyak perempuan yang enggan mengonsumsi nanas karena disinyalir dapat menyebabkan keputihan. Namun hal ini ternyata hanyalah mitos. Buah nanas justru bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri haid karena kandungan mangan yang dimilikinya. Wanita yang sering mengeluhkan PMS dilaporkan memiliki kadar mangan dalam tubuh yang jauh lebih rendah daripada yang tidak. Oleh karena itu, dr, Phyllis Johnson dari U.S. Department of Agriculture’s HUman Nutrition Center di Dakota Utara, menyarankan agar wanitayang mengalami nyeri haid untuk sedikit meningkatkan asupan makanan sumber mangan, seperti buah nanas. Laporan dr. Johnson juga mencatat bahwa wanita muda yang mengonsumsi sumber mangan dalam porsi secukupnya mengalami peningkatan aliran darah menstruasi hingga 50%.

Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam buah nanas juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan akut yang bisa menjadi penyebab kram perut saat menstruasi. Manfaat nanas ini didukung dengan kandungan bromelain yang turut membantu mengendurkan otot sekitar perut sehingga meminimalisi gejala nyeri kram saat datang bulan.

Perlu menjadi catatan, jika kamu memiliki perut sensitif karena asam vitamin C dalam nanas dapat menyebabkan perut terasa mulas atau refluks asam lambung. Jadi ada baiknya mengonsumsi buah nanas dalam takaran yang sewajarnya saja.

RECOMMENDED