Marak kasus penipuan, ini standar tarif umrah biro jasa di Indonesia

Posted on

Hoopsbyhudy.com – Beberapa hari ini, kasus penipuan umrah marak terjadi di Indonesia. Tentu kamu masih ingat kasus penipuan agen travel umrah First Travel? Ya, biro perjalanan umrah milik desainer Anniesa Hasibuan itu menjadi buah bibir lantaran menipu ribuan jamaah.

Kini yang paling baru kasus penipuan yang dilakukan oleh biro perjalanan umrah Abu Tour. Biro perjalanan ini sudah memiliki banyak cabang di berbagai daerah di Indonesia. Pemilik Abu Tour, Hamzah Mamba akhirnya ditetapkan sebagai tersangka karena telah terbukti menipu ribuan jamaah.

Diketahui pula, dalam kasus biro perjalanan umrah First Travel dan Abu Tour memiliki kesamaan. Keduanya menggunakan uang jamaah untuk umrah yang malah dihabiskan untuk membeli barang mewah.

BACA Juga :   10+ Potret Cantik Perjalanan Pernikahan Syahnaz Mulai Lamaran Hingga Resepsi. Serius Bikin Iri!

Selain itu pula, kasus penipuan umrah ini kebanyakan memberi tarif promo untuk menarik jamaah. Ya, mereka berani memberikan tarif umrah yang sangat miring mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 15 juta.

Padahal, dari Kementerian Agama sudah mematok harga minimal untuk berangkat umrah. Tarif umrah minimal yang wajar dari Kementerian Agama diketahui sebesar Rp 20 juta.

Hoopsbyhudy.com berkesempatan untuk menghubungi salah satu pegawai dari biro perjalanan umrah milik ustaz kondang Ahmad Alhabsyi. Biro perjalanan bernama Alsha Tours itu juga memberikan paket promo untuk para jamaah yang ingin berangkat umrah.

“Alsha Tours ada paket umroh promo saat ini. Yang paling murah paketannya Rp 18,5 juta sedangkan yang paling mahal Rp 22 juta. Itu belum biaya perlengkapan dan handling senilai Rp 1,2 juta,” jelas Asni salah satu pegawai Alsha Tours saat dihubungi Hoopsbyjudy, Rabu (11/4).