Mau sukses di industri IT & start up? Acara ini kasih kamu bocorannya

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Perkembangan bidang teknologi dan digital kian meningkat pesat. Perusahaan start up berbasis teknologi pun kini semakin banyak. Orang-orang sangat memanfaatkan perkembangan teknologi terhadap perusahaan mereka.

Sadar akan hal tersebut, Alpha JWC Ventures mengadakan acara bertema Alpha Leaders Series yang menghadirkan pembicara  empat pemimpin dari perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia. Di antaranya adalah Lingga Madu (Co-Founder Sale Stock), Donnie Prakoso (Technology Evangelist at Amazon Web Services), Ananto Wibisono (Co-Founder Sepulsa), dan Aditya Lesmana (Co-Founder Carro) untuk membahas hal-hal mengenai industri teknologi dan kisah membangun serta memimpin tim di perusahaan teknologi.

Banyak banget ilmu yang bisa diambil dari acara ini, misalnya pengalaman dari Donnie Prakoso yang mengatakan bahwa pekerja IT nggak boleh membatasi dirinya hanya dengan satu peran saja.

“Dalam dunia IT, ada banyak opsi karier mulai dari web developer hingga machine learning expert. Saya pernah menjadi CTO di Malesbanget.com hingga akhirnya berpindah karier menjadi Tech Evangelist karena saya terpanggil untuk mengajar. Intinya, jangan biarkan pekerjaan mendefinisikan siapa dirimu. Kamu bisa menjadi seorang web developer saat ini, tetapi di tahun yang akan datang tidak akan ada yang tahu. Kita yang mendefinisikan diri kita, teknologi hanyalah pendukung,” ujarnya.

Begitu pula dengan perjalanan tiga pembicara hebat lainnya dalam membangun startupnya dari bawah. Salah satunya Ananto Wibisono, Co-Founder Sepulsa.

“Di Sepulsa, kami punya dokumen kegagalan, sehingga kami semua bisa belajar dari kesalahan. Kita semua harus belajar menjadi lebih proaktif dan tidak takut gagal dan jangan berhenti bereksperimen. Budayakan “di sini aman untuk gagal”, jadikan kegagalan bahan pembelajaran, bukan sebagai alasan memaki-maki dirimu atau orang lain”, ungkapnya.

Singkat kata, apa pun yang kamu pilih, menjadi pendiri startup ataupun bekerja bagi perusahaan orang lain, harus dilakukan dengan fokus dan berikan yang terbaik.

“Tak ada salahnya dengan bekerja untuk orang lain. Pikirkan juga kemampuanmu. Tak ada salahnya mengambil waktu untuk belajar lebih, tapi kamu harus fokus dengan apa pun pilihanmu”, tambah Ananto Wibisono.

Acara berkala Alpha Leader Series yang diadakan Alpha JWC Ventures ini bertujuan untuk ikut serta membangun ekosistem industri teknologi yang inklusif, saling mendukung, dan berkembang melalui diskusi dan berbagai pengalaman.

Tema yang diangkat yaitu “Geeks, Rise Up!” juga semata-mata untuk membahas mitos yang berkembang bahwa tenaga IT di industri start up nggak punya posisi yang seimbang dibandingkan dengan latar belakang bisnis.

(brl/red)