Menengok keunikan Bas Kayu, kendaraan umum bersejarah di Riau

Posted on

Brilio.net – Saat mengunjungi sebuah daerah, tentu ingin menikmati sejarah di daerah tersebut. Nah, kalau berkunjung ke Riau, kamu akan menemukan sebuah kendaraan yang sangat unik.

Bas Kayu, salah satu kendaraan unik yang menggambarkan sejarah Riau. Sarana transportasi ini pernah jaya di masanya. Buat yang bingung, bas adalah Bahasa Melayu yang dalam Bahasa Indonesia artinya bus.

Mungkin, ketenaran Bas Kayu setara dengan oplet Mandra di sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Di masa lalu, oplet adalah sarana transportasi andalan warga Jakarta.

Namun nasib Bas Kayu sedikit lebih beruntung. Karena moda transportasi tua ini sekarang dioperasikan untuk aktivitas pariwisata. Bas Kayu juga berpartisipasi di Festival Barongsai 2018 Kepulauan Riau (Kepri). Angkutan langka ini mampu menyedot perhatian wisatawan dan peserta festival.

BACA Juga :   Norak, Traveler Ini Berpose Menginjak-Injak Tulang di Makam Toraja. Jangan Ditiru Deh ya!

Pada rentang waktu 1980 hingga 1995, Bas Kayu menjadi urat nadi transportasi warga Karimun. Namun, mulai masuknya angkot ke Karimun pada 1993, mengubah nasib Bas Kayu.

Pengemudi Bas Kayu, Ahua, mengatakan angkutan lawas ini masih bisa bertahan dengan diubah fungsinya. “Bas Kayu ini unik dan awet. Dulu Bas Kayu ini menjadi moda transportasi utama. Tapi, sekarang sudah banyak angkot yang lebih baru. Angkot kecil memang lebih cocok dengan situasi Karimun saat ini. Lalu, mobil-mobil tua seperti ini difungsikan untuk yang lain. Bas Kayu ini lebih untuk pariwisata dan carteran,” ungkap Ahua, seperti dilansir dari Facebook Kementerian Pariwisata, Jumat (23/3).

BACA Juga :   Tak cuma murah & bahasa mirip, ini 7 alasan harus liburan ke Filipina

Bas Kayu menjadi moda transportasi utama para peserta Festival Barongsai 2018. Mereka berangkat dari hotel menuju venue menggunakan jasa kendaraan ini. Kapasitas kendaraan ini cukup besar dengan bangku panjang membujur saling berhadapan. Agar bisa memuat lebih banyak penumpang, pada bagian tengah ditambah bangku panjang dari kayu juga.