Mengintip kemegahan Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat

Posted on



Beechcraft King Air B350- i lepas landas dari Bandara Husein Sastranegara dan berhasil mendarat mulus di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) pada 29 Maret 2018. Menjadi pesawat pertama yang menapaki Runway Bandara yang berada di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Bandara memiliki panjang runway 2.500 meter dengan lebar 60 meter. Menara pemantau lalu lintas setinggi 30 meter sudah terhubung dengan Bandara Husein Sastranegara di Bandung dan Bandara Soekarno Hatta di Tangerang.

Menurut jokowi, Airport Kertajati ini bisa menampung kurang lebih 5,6 juta penumpang. Dan Menjadi airport terbesar setelah Soekarno-Hatta. Bandara yang dikerjakan selama 2 tahun ini digadang-gadang menjadi pemberangkatan sebagian jamaah haji.
Bandara Kertajati nantinya bisa diakses dengan jalur tol dan non-tol.

Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dari Bandung ke Indramayu atau sebaliknya dengan rute Bandung – Sumedang – Kadipaten – Kertajati – Indramayu. Tengah dipersiapkan pula rute baru transportasi Antar Jemput Dalam Provinsi (AJDP) selain Tol Purbaleunyi dan Tol Cipali. Bandara Kertajati dijadwalkan mulai beroperasi pada 24 Mei 2018.

 

(brl/red)