Merapi erupsi, ini video detik-detik para pendaki dilanda kepanikan

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengalami letupan freatik sekitar pukul 07.40 WIB, Jumat (11/5). Asap tebal membumbung dengan ketinggian kolom mencapai 5.500 m. Alhasil terjadi hujan abu dan saat ini pergerakan sebaran abu vulkanik mengarah ke selatan-barat daya.

Meski demikian status Merapi saat ini normal. Masyarakat diimbau untuk tenang dan memakai masker. Masyarakat juga diminta untuk menjauhi radius 5 km dari Merapi.

Visual pukul 10.39 WIB masih ada tenda di pasar bubar.

Akun Twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), pukul 10.39 WIB menyatakan jika masih ada beberapa tenda pendaki di Pasar Bubar. Tentu kondisi ini cukup bahaya bagi para pendaki. Tim BTN Gunung Merapi bersama Barameru pun melakukan evakuasi terhadap 4 pendaki yang masih ada di sekitar tenda. Tercatat sejak tanggal 9 sampai 11 Mei ada 160 pendaki di jalur selo Merapi.

Visual kondisi pasa bubar pukul 10.41 WIB.

Sementara itu beredar video bagaimana detik-detik para pendaki menyadari adanya letupan freatik. Berikut videonya dilansir Hoopsbyjudy dari Twitter @merapi_news.

Dokumentasi Pendaki yang sedang mendaki Gunung merapi saat letusan freatik tadi pagi |via thecholiks (grup pendaki) dan info dari teman di selo boyolali Sebagian pendaki yang terakhir dipasar Bubrah wis mudun,” cuitan @merapi_news.

Warganet pun dibuat begidik dengan video ini. Banyak yang mendoakan keselamatan para pendaki.


Visual evakuasi Tim BTN Gunung Merapi dan Barameru pada 4 pendaki pukul 11.16 WIB.

Astagfirullah,semua rasa pasti campur aduk melihat kejadian mengerikan langsung didepan mata. Semoga pendaki selalu diberi keselamatan,” cuitan @leosaputraa.

Semoga para pendaki dapat selamat turun dari gunung merapi (Aamin YRA…),” cuitan @HoranNajwa.

Kemungkinan pendaki ini sudah turun… Karena video berhasil di upload,” cuitan @latief_ahkam.

(brl/fen)