Merasa kepanasan, pria ini nekat buka jendela darurat pesawat

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Ketika kamu naik pesawat dan duduk di deretan sebelah jendela darurat, pasti akan mendapat arahan khusus dari pramugari atau pramugara yang bertugas. Biasanya mereka akan memberi informasi terkait jendela tersebut dan cara untuk mengoperasikannya jika dalam keadaan darurat.

Pintu dan jendela darurat pesawat sejatinya diciptakan untuk jalan keluar pada saat keadaan darurat saja. Jadi ketika tidak pada keadaan darurat, jendela ataupun pintu darurat tentu saja harus dalam keadaan tertutup rapat.


foto: express.co.uk

Di China, ada seorang penumpang yang secara tak sengaja membuka jendela darurat saat pesawat akan lepas landas. Pria yang diketahui bernama Chen ini berusaha membuka jendela darurat karena ia merasa kepanasan dan juga pengap. Otomatis pria 25 tahun ini kemudian ditahan oleh pihak otorisasi Bandara Mianyang Nanjiao, China.

Ketika diinterogasi, Chen mengaku ingin membuka jendela pesawat. Alasannya adalah karena ia merasa sangat kepanasan di dalam transportasi udara tersebut. Chen yang duduk di sebelah jendela darurat ini menyangka bisa membuka jendela agar udara segar bisa masuk. Kemudian ia menarik tuas yang ternyata malah membuka seluruh jendela serta dindingnya.


foto: express.co.uk

Dilansir Hoopsbyjudy dari laman shanghaiist, Kamis (3/5), pria ini tidak mengetahui kalau yang ia tarik itu adalah tuas untuk membuka jalan keluar darurat. Akibat ulahnya tersebut, ia harus menerima hukuman berupa ditahan selama 15 hari, serta harus membayar denda kerugian sebesar Rp 153 juta.

Bisa dijadikan pelajaran, nih. Demi keamanan, jendela pesawat memang tidak dapat ditutup maupun dibuka. Yang bisa dibuka hanyalah penutupnya saja.

 

 

 

(brl/lin)