Meski Air Putih Baik Bagi Kesehatan Orang Dewasa, Tapi Nggak Baik Lho Buat Bayi. Ini 5 Alasannya

Posted on

Risiko Besar Bila Bayi Konsumsi Air Putih

Haus, ya, minum. Bagi orang dewasa dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 1 sampai 1,5 liter atau sekitar 7-8 gelas per hari. Kebutuhan manusia akan cairan nggak bisa ditoleransi. Saat beraktifitas, tubuh kita akan mengeluarkan keringat, maka dibutuhkan asupan cairan agar tak terjadi dehidrasi. Nah dibandingkan soda atau jus kotak yang sebenarnya penuh kandungan gula, air putih jelas merupakan salah satu jenis minuman paling sehat.

Namun rumus umum yang pastinya udah diketahui banyak orang itu, ternyata nggak berlaku buat bayi lho guys. Bahkan sebagaimana dilansir dari Reuters, minum air putih justru bisa sangat berbahaya buat bayi yang belum berumur 6 bulan. Waduh kok bisa gitu ya?! Buat yang penasaran, yuk simak ulasan Hipwee News & Feature ini!

BACA Juga :   Dear Cewek, Ini Lho 7 Tanda Cowokmu Serius dan Pasti Melamarmu Kelak

1. Meski air putih itu sangat menyehatkan bagi kita semua, sistem pencernaan bayi yang masih kurang sempurna ternyata belum siap untuk memproses air putih

Asupan cairan dan makanan utamanya sebaiknya hanya ASI atau susu formula via kineticosa.com

Usia 1 – 6 bulan bayi belum bisa menerima asupan air putih. Sebab air putih dapat mengganggu keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan dapat memengaruhi fungsi otak dan jantung. Karena air putih tak bisa menggantikan peran ASI (air susu ibu).

Menurut Dr. Jennifer Anders dari Rumah Sakit Anak Johns Hopkins di Baltimore, organ ginjal bayi belum dapat bekerja dengan maksimal. Akibatnya, bila air putih diberikan, maka tubuh bayi akan mengeluarkan terlalu banyak garam bersamaan dengan air yang diminumnya. Akhirnya fungsi otak dapat terganggu. Parahnya lagi, bayi akan mengalami suhu tubuh rendah, tubuh membengkak, hingga kejang.

2. Apalagi kalau terbiasa minum air putih dibandingkan susu. Bayi malah bisa jadi kekurangan gizi dan asupan gizi yang mereka butuhkan

Butuh asupan gizi optimal lewat susu

Jika sudah terbiasa meminum air putih dari sejak dini, kemungkinan besar bayi justru akan berhenti menyusui sebelum waktunya. Kondisi ini malah bisa menyebabkan bayi mengalami kekurangan gizi. ASI mengandung laktosa sebagai sumber energi paket lengkap bagi bayi. Kandungan tersebut berperan aktif dalam perkembangan sistem saraf.

3. Bisa saja nih, Bunda, air putih yang tak steril dapat menyebabkan bayi terkena diare. Karena bakteri pada air nggak bisa mati sepenuhnya meski sudah dimasak dengan suhu tinggi.

Air yang sudah dimasak pun belum tentu bebas bakteri via www.motherandbaby.co.id

Nah pemberian air putih dapat menyebabkan diare pada bayi, lho. Air putih yang sudah dimasak saja belum tentu bebas bakteri, apalagi yang belum dimasak.

“Bahwa banyak orang keracunan karena tidak memasak air dengan cara yang benar. Anggapannya, mendidih saja sudah cukup, padahal air harus dimasak pada suhu 100 derajat celcius selama 5 menit sampai 10 menit, baru dimatikan,” jelas dokter Mulyadi Tedjaranata, lansiran Kompas.