Momen 10 seleb Korea Selatan saat wamil, gagah pakai baju tentara

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Istilah wajib militer atau wamil pasti sudah tidak asing lagi bagi para penggemar dunia hiburan Korea Selatan. Wajib Militer merupakan kegiatan bela negara yang wajib diikuti oleh seluruh pria Korea yang dinyatakan sehat tanpa terkecuali. Apalagi wajib militer di Korea Selatan sudah mulai diberlakukan sejak tahun 1948 lho.

Kegiatan ini wajib dilakukan oleh laki-laki Korea yang berusia 18 hingga 35 tahun dan dilaksanakan selama lebih kurang 2 tahun. Selama masa itu, peserta wamil mendapatkan jatah libur sebanyak 100 hari. Eits, kendati hukumnya ‘wajib’, pria yang sedang wamil juga mendapat gaji mulai dari 135 dolar/bulan atau sekitar Rp 1,8 juta hingga 180 dolar/bulan atau Rp 2,4 juta.

Kegiatan wajib ini berlaku untuk semua kalangan apa pun pekerjaannya, tak terkecuali para selebriti. Selama mengikuti program tersebut, mereka pun harus vakum dari dunia hiburan. Nah, penasaran seperti apa momen selebriti Korea Selatan saat menjalankan tugas wajib militernya? Yuk intip lewat rangkuman foto-foto berikut ini.

1. Ji Chang-wook masuk wajib militer pada Agustus 2017 lalu. Dia masuk ke Brigade Artileri Angkatan Darat di Provinsi Gangwon dan mendapat jabatan ketua peleton.

Foto: ilyo.co.kr

 

2. Masuk militer pada Oktober 2017 lalu, Kim Soo-hyun ditugaskan sebagai pasukan Reconnaissance Battalion pertama dan ditempatkan di bagian Zona Demiliterisasi, perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara.

Foto: entertain.naver.com

 

3. Pada 15 Maret lalu, Lee min-ho resmi masuk pelatihan dasar militer di Nonsan. Aktor 30 tahun itu dikabarkan menjadi ketua regu wamilnya, lho.

Foto: jazminemedia.com

 

4. Kang Ha-neul wamil sebagai polisi militer di Markas Besar Tentara Republik Korea di Kota Gyeryong. Ha Neul diperkirakan akan menyelesaikan tugas wamilnya pada 10 Juni 2019.

Foto: Instagram/@890326cm

 

5. Joo Won menjadi asisten instruktur di batalyon penyerangan yang merupakan bagian dari resimen infanteri ke 23 dari skelton unit tempatnya bertugas.

Foto: AllKpop

 

6. Sejak 27 Februari lalu, G-Dragon menjalankan tugasnya masuk wajib militer dan tergabung dalam satuan militer divisi tiga angkatan darat bernama White Skull.

Foto: kpopline.com

 

7. Ok Taecyeon diketahui melepas kewarganegaraan Amerika Serikat agar bisa menjalani wajib militer di Korea. Rapper 2PM ini mulai terdaftar masuk wajib militer sejak 4 September 2017 lalu.

Foto: Twitter/@follow_2PM

 

8. Kwanghee memulai tugas wajib militernya pada 13 Maret 2016 lalu. Kwanghee menjalankan tugas sebagai anggota band militer.

Foto: AllKpop

 

9. Ryeowook dijadwalkan akan menyelesaikan wajib militernya tahun ini. Selama ini personel Super Junior ini menjadi tentara aktif dan bergabung dalam band militer.

Foto: Twitter/@manavox

 

10. Jung Il-woo sebenarnya mendapatkan keringanan untuk tak melaksanakan wajib militer karena penyakit yang dideritanya.Il Woo saat ini sedang menjalani wamil sebagai pekerja publik sejak Desember 2016 lalu.

foto: Dispatch

(brl/del)