Mudik via jalur Pansela, ini 10 pantai keren yang bisa kamu singgahi

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Bagi kamu yang ingin mudik ke Jawa Tengah ataupun Jawa Timur via jalur darat dengan kendaraan pribadi, kamu bisa banget nih mencoba rute baru, yakni melewati jalur pantai selatan (pansela) Jawa.

Jalur pansela Jawa sendiri terbentang sepanjang 1.405 kilometer. Ia menyusuri garis tepi pantai selatan, mulai dari Provinsi Banten Barat hingga Jawa Timur.

Nah, menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), terdapat puluhan objek wisata yang tersebar di sepanjang jalur tersebut. Sebagian besar objek tersebut adalah pantai. Wah, pas banget nih buat kamu yang pingin melepas penat dan lelah selama melakukan perjalanan.

Penasaran apa saja pantai yang bisa dikunjungi di jalur tersebut? Berikut telah Hoopsbyjudy rangkum 10 pantai keren di jalur Pansela yang bisa kamu singgahi dalam perjalanan mudik, dilansir dari berbagai sumber, Selasa (12/6). Yuk, simak!

1. Pantai Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi.

foto: kmstour.com

Meski memiliki gelombang ombak yang tergolong cukup besar, Pantai Ujung Genteng ini tetap aman kok untuk dikunjungi. Oh, ya, di sini kamu nggak hanya bisa bermain air dan pasir putihnya yang indah aja, lho. Kamu juga bisa berbelanja ikan, udang, cumi, dan aneka seafood segar lainnya di pantai ini.

2. Pantai Guha, Kabupaten Garut.

foto: yukpiknik.com

Tak seperti pantai pada umumnya, Pantai Guha ini tidak memiliki pasir pantai. Pantai ini sebenarnya merupakan tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Karenanya, pantai ini pun sangat cocok untuk dikunjungi pada pagi hari saat matahari akan terbit atau sore hari saat matahari akan tenggelam.

3. Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut.

foto: jejakpiknik.com

Nah, tak jauh dari Pantai Guha, terdapat pantai lain dengan nama Rancabuaya. Yang unik dari pantai ini adalah keberadaan air terjun dari sebuah tebing yang langsung mengalir ke pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki tingkat kemiringan yang datar sehingga cocok sekali untuk dijadikan tempat melepas penat.

4. Pantai Pangandaran, di ruas Jalan Pangandaran.

foto: wisatalengkap.com

Tak hanya bisa menikmati pasir dan ombak, di pantai ini kamu bisa menyewa sepeda, parasailing, hingga bermain jetski. Kalau sudah terlalu malam, kamu pun tidak perlu khawatir. Ada banyak penginapan di sekitar pantai ini, mulai dari yang sederhana hingga yang bangunannya modern yang bisa kamu jadikan tempat bermalam. Oh, ya, pantai ini ternyata juga dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut AsiaRooms, lho.

5. Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap.

foto: jalanwisata.id

Pantai ini terletak di Cilacap bagian selatan, berdekatan dengan Pulau Nusakambangan. Pasirnya berwarna coklat gelap. Dulunya, di Pantai ini terdapat banyak penyu yang hidup dan berkembang biak. Tetapi, sekarang ini penyu-penyu tersebut telah bermigrasi ke pulau lain, seperti Bali dan Lombok.

6. Pantai Menganti, Kabupaten Kebumen.

foto: jejakpiknik.com

Pantai menganti disebuat-sebut sebagai surganya Jawa Tengah. Wajar saja, sebab ia memiliki pemandangan yang sangat memesona. Di sisi barat pantai ini terdapat pula tebing raksasa yang dijuluki tebing bidadari. Keunikan pantai ini juga ada pada pasir putihnya, yang mana menjadikannya satu-satunya pantai dengan pasir berwarna putih di Jawa Tengah.

7. Pantai Glagah, Kabupaten Kulonprogo, DIY.

foto: garasijogja.com

Pantai Glagah memiliki laguna yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata air, seperti perahu kayuh dan kano. Selain itu, keistimewaan lain yang terdapat di pantai ini adalah keberadaan tetrapod yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Maklum saja, ombak di pantai ini memang tergolong besar. Oh, ya, ketika berkunjung ke pantai ini, kamu juga bisa berjalan-jalan ke area perkebunan di sekitarnya, lho. Ada buah naga yang bisa kamu beli di sana.

8. Pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul, DIY.

foto: panduanwisatajogja.com

Seperti namanya, di pantai ini banyak terdapat pohon cemara yang tumbuh subur. Pohon-pohon tersebut membentuk semacam lorong yang panjang, hingga seolah-olah terkesan seperti goa. Nah, kalau kamu lapar, tak perlu khawatir. Di sepanjang bibir pantai terdapat puluhan warung makan yang menyediakan seafood segar dan masakan khas Bantul, seperti mie lethek.

9. Pantai Wediombo, Kabupaten Gunungkidul, DIY.

foto: wisataku.id

Selain memiliki pasir putih yang bersih, pantai yang terletak di Desa Jepitu ini memiliki bukit-bukit bebatuan karang yang menambah kesan eksotis. Di pantai ini kamu juga bisa berenang di ‘kolam renang’ alami, lho. Kolam tersebut mirip seperti laguna di pinggir pantai. Nah, untuk kamu yang hobi memancing, di pantai ini kamu juga bisa melakukan kegemaranmu itu. Gimana tertarik?

10. Pantai Klayar, Kabupaten Pacitan.

foto: jejakpiknik.com

Pantai ini memiliki keunikan berupa air laut yang menyembur dari sela-sela karang. Semburan tersebut terjadi karena adanya tekanan dari bawah tebing. Tak tanggung-tanggung, semburan tersebut dapat memancar ke atas setinggi 8-10 meter, lho. Untuk fasilitas, tenang, di sana telah tersedia toilet yang bersih juga musala. Warung-warung di sepanjang pinggir pantai pun siap memanjakan perutmu dengan aneka menu seafood segar.

(brl/pep)