Nggak cuma baik untuk berdiet, ini 4 manfaat oatmeal bagi kesehatan

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Menjalani gaya hidup sehat sudah menjadi sebuah tren yang kini semakin ramai dilakukan oleh banyak orang. Terutama oleh mereka para generasi muda yang pedul akan kesehatannya. Gaya hidup sehat ini tidak hanya dilakukan dengan berolahraga saja, mereka yang menerapkan gaya hidup sehat dalam kesehariannya juga mulai menjaga asupan makanannya.

Salah satu jenis makanan sehat yang sering dikonsumsi adalah oatmeal. Bahan makanan yang terbuat dari gandum ini memang terkenal sebagai produk yang sehat bagi tubuh dan kaya akan kandungan nutrisi. Diketahui oatmeal kaya akan serat dan juga dilengkapi protein, magnesium, fosfor dan vitamin B1 yang berfungsi untuk menghasilkan energi. Selain baik bagi tubuh, oatmeal juga dipilih banyak orang karena harganya terjangkau dan mudah untuk didapatkan.

Oatmeal sendiri dibuat dari gandum yang diproses dengan dipotong (steel-cut), dihancurkan (crushed), dihaluskan (ground) ataupun dibuat menjadi oat bulat (rolled oat). Makanan yang sering dijadikan pilihan untuk berdiet ini memiliki tekstur halus dan lembut dengan rasa yang cenderung hambar karena pada prosesnya tidak ditambahkan pemanis atau perasa apapun.

Dilansir dari hellosehat.com, Kamis (26/4), Hoopsbyjudy sudah merangkum 4 manfaat bagi kesehatan yang tidak hanya baik untuk mereka yang menjalani program diet.

1. Menurunkan kolesterol.

foto: cookinglight.com

Jenis makanan yang sering dikonsumsi sebagai menu sarapan ini kaya akan serat larut yaitu jenis serat yang juga terdapat pada apel dan pir. Jenis serat larut ini mampu menghambat penyerapan kolesterol LDL. Kolesterol jenis ini diketahui merupakan salah satu pemicu serangan stroke dan jantung.

 

2. Baik bagi kesehatan jantung.

foto: everylifescounts.ndtv.com

Selain kaya akan serat, oatmeal juga mengandung senyawa kimia lignan yang diketahui dapat mencegah penyalit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Sebuah studi menyatakan bahwa pria yang memiliki risiko gagal jantung dapat menurunkan risikonya dengan mengonsumsi setidaknya satu mangkuk oatmeal setiap harinya.

 

3. Membuat kenyang lebih lama.

foto: self.com

Penelitian tahun 2014 dalam jurnal Nutrition Journal menunjukkan bahwa partisipan yang sarapan oatmeal merasa lebih kenyang dibandingkan partisipan yang makan sereal dalam porsi sama. Kandungan serat yang tinggi pada oatmeal membuatnya mampu mencegah seseorang merasa lapar hingga waktu makan siang tiba. Inilah mengapa oatmeal dianggap lebih unggul sebagai sarapan.

 

4. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

foto: meetdoctor.com

Tidak hanya baik bagi kesehatan jantung, oatmeal juga ternyata mampu menurunkan risiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena kandungan serat yang dimilikinya. Bahkan bagi wanita menopause yang lebih rentang memiliki darah tinggi direkomendasikan agar mengonsumsi setidaknya 6 porsi oatmeal ataupun sereal biji-bijian setiap minggu.

RECOMMENDED