Oalah, 10 Hal ini ternyata Punya Banyak Perbedaan, Seenaknya Kita Anggap Sama Aja Selama ini

Posted on

Sama Tapi Berbeda

Ada banyak sekali hal di dunia ini yang serupa tapi tak sama. Seperti sepasang anak kembar yang terlihat sama padahal memiliki karakter dan sifat yang berbeda. Seringkali kita dibuat keliru oleh perspektif luarnya saja. Akhirnya kita jadi bingung sendiri, ya kan?

Contoh lain yang sering membuat kita keliru adalah pil dan tablet. Meski keduanya termasuk jenis obat-obatan, namun sebenarnya memiliki khasiat dan bahan obat yang berbeda. Dilansir dari Bored Panda, Hoopsbyjudy News & Feature akan menyuguhkan sederet hal di dunia ini yang sering dianggap sama oleh masyarakat, padahal sebenarnya sangat berbeda. Yuk, kita simak bareng!

1.  Fungsinya sih sama, tapi adalah kenyataan bahwa semen dan beton itu jelas berbeda

Semen dan Beton beda dari segi bahan pembuatan via www.boredpanda.com

Semen biasanya hanya digunakan untuk menciptakan bangunan dengan skala kecil. Bila bubuk semen diberi air maka akan cepat mengeras dengan warna yang pekat. Sementara beton merupakan campuran dari semen, pasir, dan batu kerikil. Biasanya beton digunakan untuk bangunan dengan skala besar yang memiliki daya tahan selama 30-50 tahun.

BACA Juga :   Alat kelamin pria ini harus dioperasi gara-gara kabel charger HP

2. Dua-duanya memang peledak yang sangat berbahaya, tapi TNT dan dinamit itu berbeda, lho

Kedunya memiliki daya ledak yang berbeda via www.xaluan.com

FYI, meski sama-sama peledak, penemu dinamit dan TNT beda orang, Guys. Dinamit ditemukan oleh Alferd Nobel, sedangkan TNT adalah hasil kreasi Joseph Wilbrand. Dari segi daya ledak pun dinamit lebih kuat ketimbang TNT. Meskipun begitu, efek racun TNT ketika meledak akan lebih besar.

3. Bentuknya memang mirip banget sih, tapi siapa sangka kalau pil dan tablet itu beda?

Tablet dan Pil serupa namun tak sama via www.thepanicchannel.com

Tablet dibuat dari bahan tanpa tambahan, alias obat murni. Tablet pun dibagi menjadi tiga jenis lagi, yakni tablet kempa, tablet hipodermik, dan tablet effervescent. Sementara pil adalah bentuk obat berbentuk bundar yang mengandung bahan atau zat obat.

BACA Juga :   10 Potret Angel Lelga & Vicky Prasetyo pakai baju kembaran, kompak nih

4. Kita juga sering keliru membedakan mug dan cangkir karena fungsinya yang sama

Mug dan cangkir via amorq.com

Bila dilihat dari segi ukuran, mug lebih besar dari cangkir meski keduanya memiliki kesamaan memiliki gagang pegangan. Biasanya mug terbuat dari tanah liat atau polimer. Sedangkan cangkir bisa ditemukan yang terbuat dari perak maupun keramik.

5. Raja dan kaisar sepintas punyak reputasi yang sama sebagai pemegang jabatan tertinggi suatu negeri. Tapi ada beda kewenangan dari keduanya lho

Kasta Kaisar lebih tinggi dibandingRaja via www.anakregular.com

Secara harfiah, kaisar memegang kewenangan wilayah yang lebih luas dari raja. Dalam mengambil suatu keputusan, kaisar memiliki hak lebih penuh ketimbang raja yang sebenarnya hanya sebuah simbolik suatu pemimpin wilayah. Dalam hal penurunan tahta, kaisar harus mewariskannya kepada anak lelaki, sedangkan raja (bila tak memiliki anak lelaki) bisa menurunkan takhta kepada putrinya.