Paspor Jepang Jadi Paling Sakti di Dunia Kalahkan Singapura. Lalu Bagaimana Indonesia?

Posted on


Paspor Jepang kini jadi paspor yang paling kuat di dunia mengalahkan Singapura. Dalam rilis terbaru yang dikeluarkan Henley Passport Index, Jepang jadi negara dengan bebas visa terbanyak di dunia. Pemegang paspor Jepang berhasil mengalahkan pemegang paspor Singapura yang sebelumnya berada di peringkat pertama. Wah enak banget ya kalau punya paspor Jepang?

Lalu bagaimana dengan paspor terkuat di Asia Tenggara dan Indonesia pada khususnya? Apakah makin menguat atau justru masih segitu-gitu aja. Paspor yang kuat sangat penting bagi traveler karena bisa bepergian ke banyak negara tanpa visa. Daripada penasaran, yuk simak ulasan Hoopsbyjudy Travel aja!

Jepang menjadi negara dengan paspor terkuat tahun ini setelah mendapat bebas visa ke 189 negara di dunia. Sungguh sakti paspor Jepang!

paspor jepang via www.nepaaru.com

Henley Passport Index merupakan hasil survei dari membandingkan 199 paspor yang berbeda dengan 277 destinasi perjalanan yang berbeda-beda termasuk negara, teritori, dan negara mikro. Kali ini Henley Passport Index merilis daftar terbarunya dan Jepang jadi paspor terkuat di dunia. Pemegang paspor Jepang bisa pergi ke 189 negara bebas visa. Jerman dan Singapura berada di posisi kedua dengan masing-masing 188 negara bebas visa. Singapura sebelumnya jadi peringkat pertama paspor paling sakti di dunia.

Peringkat ketiga dan keempat didominasi negara Eropa. Hampir tidak ada perubahan berarti dalam daftar ini

paspor terkuat vs terlemah via www.henleypassportindex.com

Di peringkat 3 ada beberapa negara Eropa seperti Finlandia, Prancis, Italia, Spanyol, dan Swedia. Satu lagi Korea Selatan melengkapi peringkat tersebut. Negara-negara tersebut bebas visa ke 187 negara. Sementara peringkat 4 ada Austria, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, Inggris dan Amerika yang bisa bepergian bebas visa ke 186 negara.

Sementara itu paspor terlemah di dunia berurutan adalah Sudan (39 bebas visa), Yaman (37), Pakistan (33), Somalia, Suriah (32), Afghanistan dan Iraq (30). Negara terlemah mayoritas berada di Timur Tengah yang memang rawan konflik.

Bagaimana dengan Indonesia dan Asia Tenggara sendiri? Indonesia masih berada di peringkat ke 67 bersama Kenya, Malawi dan Swaziland dengan bebas visa ke 71 negara saja

daftar paspor terkuat di dunia via www.henleypassportindex.com

Indonesia berada di peringkat 67 di daftar paspor terkuat dengan bebas visa ke 71 negara. Memang posisi ini lebih baik dari tahun lalu namun tidak signifikan. Butuh diplomasi yang baik dengan negara-negara lain agar mau memberikan bebas visa ke Indonesia. Negara-negara Eropa cuma sedikit yang mau memberikan bebas visa buat Indonesia.

Di daftar negara Asia Tenggara, kita tahu bersama bahwa Singapura berada di posisi kedua dengan 188 negara bebas visa. Malaysia menyusul kemudian di posisi 9 dengan 180 negara, Brunei di posisi 18 dengan 165 negara, dan Timor Leste di peringkat ke 52 dengan 98 negara bebas visa. Selanjutnya ada Thailand di peringkat 64 dengan 79 negara bebas visa kemudian disusul Indonesia di peringkat ke 67 dengan 71 negara bebas visa. Di bawahnya ada Filipina, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Myanmar.

Kondisi paspor yang lemah berakibat pada berbagai hal, salah satunya kepercayaan negara lain akan keamanan dalam negeri. Maraknya isu terorisme diyakini bakal mempersulit peningkatan kekuatan paspor Indonesia. Traveler pun harus merogoh kocek lebih dalam untuk bikin visa dengan persyaratan yang cukup rumit.

Ya kita doakan semoga paspor Indonesia makin kuat ya di masa depan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya