Patung GWK di Bali Sudah Hampir Jadi. Begini Rekaman Pemasangan Kepala Patung Seberat 4 Ton Ini!

Posted on


Kalau kamu pernah ke Bali, sudah nggak asing lagi dong ya dengan patung GWK (Garuda Wisnu Kencana). Patung yang seakan jadi ikon pariwisata Bali ini tengah dibangun dan akan segera rampung dalam waktu dekat. Selama ini, wisatawan cuma bisa lihat patung Dewa Wisnu yang setengah badan dan patung Garuda saja ketika mengunjungi GWK. Jika kamu belum tahu, patung Dewa Wisnu dirancang untuk menaiki Garuda dan akan dijadikan patung setinggi 121 meter, dan mengalahkan ketinggian Patung Liberty di Amerika Serikat.

Mulai Agustus 2013 sudah dimulai pembangunan patung raksasa GWK ini. Bukan hal yang mudah karena patung ini berukuran sangat besar dan terbuat dari tembaga. Target penyelesaian patung ini adalah bulan Agustus 2018 dan akan dijadikan kado ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Bagaimana progresnya sekarang? Yuk kita kepoin sama-sama bareng Hoopsbyjudy Travel.

Belum lama ini, muncul video viral pemasangan kepala Dewa Wisnu ke patung GWK yang sepertinya tidak lama lagi akan selesai. Kepala Dewa Wisnu ini diangkat dengan crane dan beratnya 4 ton!

Nyoman Nuarta, sang pematung GWK, mengunggah video di Instagram @nyoman_nuarta tentang pengangkatan kepala Wisnu yang akan melengkapi patung GWK pada hari Minggu lalu (13/5). Video yang ia unggah kemudian viral dengan jumlah penonton sebanyak 2,6 juta per hari ini. Wajar sih video tersebut ramai diapresiasi publik Instagram. Pasalnya, pengangkatan kepala Wisnu seberat 4 ton tentu bukanlah peristiwa sederhana. Pemasangan kepala Wisnu ini jadi tanda bahwa pembangunan patung GWK sudah memasuki babak akhir. Tak lama lagi, patung yang akan jadi ikon Bali dan Indonesia ini akan selesai.

Pembuatan

pemasangan kepala Wisnu via phinemo.com

“Satu tubuh itu terdiri dari 754 modul, bagian kepala tidak dipisah-pisah, dia utuh. Yang dipisah-pisah bagian tubuhnya. Kemudian, dari Bandung diangkut menggunakan 500 truk tronton ke Bali,” kata Nyoman seperti dikutip Kompas.

Patung GWK ini terdiri dari 754 modul, di mana pembuatannya di Bandung. Kenapa dibuat di Bandung, bukan di Bali? Ya alasannya sederhana, seluruh senimannya berada di Bandung. Setelah dikirim ke Bali, modul itu kemudian dipasang di rangka baja sebagai kerangka utama patung GWK. Patung ini akan jadi patung tembaga tertinggi dan terbesar di dunia. Patung ini juga akan mendapat predikat patung tertinggi ke-3 di dunia.

Digagas sejak tahun 1989, terhenti karena krisis ekonomi, dilanjutkan kembali pada tahun 2013 dengan target tahun 2018 selesai. Begini perjalanan panjangnya

GWK di masa depan via www.youtube.com

Patung GWK ini sudah terlampau panjang perjalanannya. Digagas sejak tahun 1989, sampai 29 tahun kemudian tak kunjung selesai jua. Hal ini diakibatkan oleh krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak tahun 1997-1998. Otomatis pembangunan terhenti. Pada tahun 2013 diambil alih oleh PT Alam Sutera Tbk dan dimulailah kembali pembangunannya dari 0. Target selesai 5 tahun, bulan Agustus ini diharapkan rampung. Sebagai ikon wisata Bali, patung setinggi 121 meter ini akan jadi kebanggaan masyarakat Bali dan Indonesia.

Buat kamu yang penasaran seperti apa penampilan terkini patung GWK, simak deh video ini

Semoga segera jadi ya patung GWK. Siap-siap liburan ke Bali lagi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya