Perjalanan Hacker Sampai Bisa Jadi Canggih Kayak Sekarang. Ternyata Udah ‘Berkeliaran’ Sejak 1903!

Posted on

Awal mula perjalanan hacker

Bagi penjelajah dunia maya, tentu nggak asing lagi sama istilah hacker atau peretas. Kalau kata matematikawan terkenal, John Nash, yang juga dikenal sebagai pencetus istilah ‘hacker‘ pertama kali, hacker sendiri punya arti negatif karena ditujukan untuk menghina. Hacker digunakan untuk menggambarkan mereka yang memakai solusi “cepat”, merugikan, dan rumit, untuk menghindari masalah, contohnya merusak, membobol, atau menghapus sistem komputer.

Baru kemarin (10/4) malam, video dengan penonton terbanyak di Youtube, Despacito, diretas oleh kelompok hacker yang menamai mereka Prosox dan Kuroi’sh. Cover video milik Luis Fonsi dan Daddy Yankee itu diganti dengan gambar 5 orang bertopeng yang sedang memegang senjata. Kalau videonya diklik, ada tampilan ‘This video is unavailable’ dan pada bagian bawah tertulis ‘Free Palestine‘.

BACA Juga :   5 Pertimbangan ini wajib kamu perhatikan sebelum bikin kartu kredit

Kasus konten populer yang diretas bukan baru sekali ini terjadi. Bahkan situs-situs pemerintah juga sering jadi sasaran para hacker profesional. Kok bisa ya mereka pada canggih gitu? Gimana sih awal mulanya hacker ada di dunia? Yuk, simak ulasan spesial Hoopsbyjudy News & Feature berikut ini~

Kemunculan hacker nggak lepas dari keberadaan teknologi sebagai bagian dari kehidupan manusia. Tahu nggak sih aktivitas ‘meretas’ pertama kali diyakini terjadi pada 1903!

Nevil Maskelyne vs Guglielmo Marconi via www.bbvaopenmind.com

Saat itu penemu sekaligus pesulap Nevil Maskelyne, meretas demonstrasi publik John Ambrose Fleming saat memperkenalkan telegraf wireless milik Guglielmo Marconi. Nevil mengirimkan pesan-pesan kode morse yang menghina melalui proyektor auditorium.

Tapi istilah ‘hack‘ pertama kali digunakan malah bukan di ranah perkomputeran lho. Justru di dunia kereta api, tepatnya tahun 1960-an

MIT’s Tech Model Railroad Club via videogamehistorian.wordpress.com

Waktu itu ada sekelompok mahasiswa MIT tergabung dalam Klub Kereta Api, mereka meretas teknologi kereta buatan mereka sendiri untuk mengubah fungsinya. Jadi bisa dibilang peretasan ini awalnya malah bertujuan baik lho, yakni untuk mengeksplorasi, meningkatkan, dan menguji batas-batas program. Bahkan dalam beberapa kasus, peretasan ini bisa menghasilkan program yang jauh lebih baik.

BACA Juga :   Ke pantai pakai denim, 7 inspirasi gaya ini bikin kamu tetap fotojenik

Kemampuan hacker terus tumbuh seiring dengan perkembangan komputer tahun 1970. Di masa ini peretasan sistem telepon juga mulai marak dilakukan

Perkembangan komputer via www.bbc.co.uk

Awal tahun 70, hacker terkenal John Draper berhasil meretas jaringan telepon dengan membuat jaringan baru yang memungkinkannya menelepon jarak jauh gratis

John Draper via www.lifehacker.com.au

Lucunya, Draper cuma memakai peluit mainan yang ia peroleh dari snack anak-anak.