Postingan dukacita dibilang pencitraan, ini pesan bijak Ridwan Kamil

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Belum luntur dalam ingatan peristiwa kerusuhan oleh narapidana terorisme di Mako Brimob. Kini, menyusul aksi ledakan bom bunuh diri yang terjadi di tiga gereja di Surabaya. Aksi terorisme yang menimbulkan puluhan korban jiwa ini telah mencederai hak asasi manusia dan menyisakan duka mendalam bagi segenap masyarakat Tanah Air. Tak hanya itu, peristiwa ini juga menyeret berbagai isu di masyarakat.

Sejumlah pejabat publik pun menyampaikan ungkapan bela sungkawa kepada para korban. Tak terkecuali Walikota Bandung, Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil. Walikota yang sekaligus bakal calon gubernur Jawa Barat tersebut mengunggah quote yang mewakili ungkapan dukacita kepada korban aksi terorisme tersebut.

foto: Instagram/@ridwankamil

Dalam unggahannya, Kang Emil menulis pesan sekaligus himbauan untuk bersatu dan tidak takut pada aksi teror semacam ini. “Turut berduka cita dan Mengutuk keras aksi terorisme di Surabaya yang mengatasnamakan apapun. Jangan sampai kebencian pada satu golongan membuat kita berlaku tidak adil. Turut berduka cita bagi mereka warga Surabaya yang berpulang di dalam tragedi ini. ______ KITA TIDAK BOLEH TAKUT. karena itu yang diharapkan dari setiap aksi terorisme. Kita tidak boleh hidup dalam kecemasan dan ketakutan. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita bangsa Indonesia sampai akhir zaman. Amin. Suroboyo Wani!,” tulis Kang Emil seperti dilansir Hoopsbyjudy Selasa (15/5).

Namun begitu, ungkapan dukacita tersebut mendapatkan komentar negatif dari beberapa netizen. Dirinya dituding melakukan pencitraan dalam unggahannya tersebut. Haters ini juga menganggap bahwa Kang Emil tidak peduli terhadap perang di Palestina. Menanggapi hal tersebut, Ridwan Kamil tak tinggal diam. Dirinya mengunggah pesan singkat nan menohok, membantah tuduhan pencitraan yang dilayangkan kepadanya.

foto: Instagram/@ridwankamil

“@r*********r suudzonmu sudah saya maafkan. Pesan ini juga untuk teman2 sejenismu. Karena kamu tidak tau apa yang kamu tuliskan. dengkimu mengaburkan ahlak baikmu. Itulah pentingnya memimpin di hari ini dengan filosofi “politik akal sehat”. Warga dan netizen yang harus diedukasi agar santun dan waras masih sangat banyak. Sebuah tantangan zaman.,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya.

Tak hanya itu, dirinya juga menyertakan bukti konkret bahwa dirinya juga mendukung aksi penggalangan dana untuk masyarakat Palestina.

foto: Instagram/@ridwankamil

Dalam salah satu komentarnya, Ridwan Kamil juga menuliskan sindiran yang tak kalah menohok. “@r*********r saya? Ikut aksi dgn warga Bandung juga kumpulin duit utk Palestina beberapa kali. Gugel aja. Kamu? kamu cuman bisa suuzon dan hasad ckckck.”

(brl/guf)