Primadona bulan puasa, ini 4 manfaat tak terduga blewah bagi tubuh

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Selain kolak pisang, salah satu takjil yang sering bermunculan saat bulan Ramadan tiba adalah es blewah. Minuman yang biasanya disajikan dingin dengan potongan atau serutan buah blewah dan kuah yang manis ini memang menjadi salah satu primadona untuk berbuka puasa.

Buah blewah atau yang dikenal juga dengan nama cantaloupe ini mudah didapatkan di pasar tradisional di negara-negara Asia Tenggara. Daging buahnya sendiri berwarna oranye dengan fisik bagian luarnya yang sekilas mirip dengan labu.

Selain menjadi minuman segar untuk berbuka puasa, buah blewah juga mempunyai kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh lho. Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung adalah zat antioksidan, potasium, vitamin A, B, C dan masih banyak lagi.

Berkat kandungan yang terdapat di dalamnya, buah blewah memiliki beberapa manfaat yang tidak terduga bagi kesehatan tubuh lho! Berikut 4 manfaatnya yang Hoopsbyjudy rangkum dari hellosehat.com, Sabtu (2/6).

1. Baik untuk kesehatan kulit.


foto: eatwell101.com

Biasanya buah-buahan berwarna oranye seperti blewah dikenal sebagai sumber karotenoid yang merupakan pigmen organik tumbuhan. Dimana zat ini bisa mengurangi risiko kanker kulit. Pigmen karotenoid juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna dan keriput. Selain itu, karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari. 


2. Melancarkan pencernaan.


foto: istimewa

Blewah merupakan salah satu buah yang kandungan airnya cukup berlimpah. Hal ini membuatnya dapat menghidrasi tubuh. Blewah juga cukup baik untuk pencernaan karena bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun dan membantu usus mencerna makanan dengan baik. 

3. Rendah kalori dan baik untuk diet.


foto: Instagram/@meibasuki

Ternyata pada kandungan 100 gram buah blewah, hanya mengandung sekitar 60 kalori saja dan kandungan air serta nutrisi di dalamnya bagus untuk menurunkan berat badan. Dikarenakan buah blewah memiliki kepadatan tekstur daging dan mengandung nutrisi penting lainnya. Buah blewah juga sangat baik untuk kamu yang ingin melakukan diet rendah kalori. Pasalnya, blewah mempunyai takaran jumlah kalori yang rendah namun manfaat kesehatan yang tingga secara menyeluruh. 

4. Mencegah kanker.


foto: resephariini.com

Buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak dan beragam, seperti flavonoid, beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Nah semua zat antioksidan itu berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya.

 

 

 

(brl/lin)