Putusan dinilai tak adil, 10 seleb ini bela Tio Pakusadewo untuk rehab

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjatuhkan tuntutan hukum kepada aktor senior Tio Pakusadewo dengan hukuman 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. Pemain film ‘The Raid 2’ ini terjerat kasus penyalahgunaan narkoba yang berujung pada penahanan Tio di Rumah Tahanan Cipinang, Jakarta Timur.

Aktor 54 tahun ini ditangkap pihak Kepolisian Polda Metro pada akhir Desember 2017 lalu lantaran terbukti memesan narkoba jenis sabu. Atas perbuatannya, Tio dijerat Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 112 dan 127 ayat (1) UU Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Keputusan JPU atas kasus Tio Pakusadewo ini menuai pertanyaan dari kalangan selebriti Tanah Air. Banyak orang menilai putusan dan pasal yang dikenakan untuk menjerat Tio dianggap tak adil. Banyak orang membandingkan putusan kasus narkoba dari Tio dengan Jennifer Dunn yang dianggap tak berimbang.

Jennifer Dunn diancam pasal Pasal 127 Ayat 1 huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Jennifer hanya mendapat tuntutan 8 bulan kurungan penjara. Banyak selebriti tergerak hatinya untuk membela Tio karena tuntutan dari JPU yang terbilang tak adil. Mereka menuntut kepada JPU agar menggunakan Pasal 127 Ayat 1 agar Tio mendapatkan rehabilitasi.

Melalui tagar #tyo4rehab hingga #bersamatyopasukadewo, sederet selebriti mengajak warganet untuk membantu Tio dalam mencari keadilan. Sederet selebriti yang terlibat kampanye ini mengunggahnya di akun Instagram.

Siapa saja mereka? Dirangkum Hoopsbyjudy dari berbagai sumber pada Selasa (12/6), berikut deretan selebriti yang ikut membela Tio untuk direhabilitasi.

1. Lukman Sardi tak terima putusan 6 tahun untuk Tio Pakusadewo.

“Gue kenal orang ini dari gue kecil.. actor yang talentanya luar biasa,one of the best.. sebagai manusia biasa dia pasti tidak sempurna.. saat ini Om Tyo butuh pengobatan supaya dia tidak terpleset kembali.Dan sebagai warga Indonesia dia layak mendapatkan itu sekaligus keadilan” #tyo4rehab #kamibersamatyo #indonesiaadil #prayfortyo #bersamatyopakusadewo,” tulis Lukman Sardi.

2. Alex Abbab turut mengkampanyekan tagar #tyo4rehab.

“Untuk abang beda Ibu, kawan beda tongkrongan dan senior profesional beda pengalaman… Tetaplah semangat…
Mencari jalan menuju keadilan.

Tidak ada yang berbeda dari kita…
Ketika kita mencari keadilan.

#tyo4rehab #kamibersamatyo #indonesiaadil #doa #harapan #amin #indonesia,” ungkap Alex.

3. Hal senada juga diungkapkan oleh Wulan Guritno.

“Saya mengenalnya sudah lama dan cukup dekat ..
seorang yg kebapakan senang mendengarkan jg mengemong di kala ada yg kedapatan cobaan atw masalah ..
orang yang seru sebagai teman ..
seorang guru tak pelit membagi ilmu ..
seorang aktor kebanggaan bertalenta luar biasa .. kembali lagi manusia tidak sempurna .. om Tyo saat ini butuh pengobatan, agar tidak terpeleset kembali ..
dan sebagai warga negara dia layak mendapatkan itu dan keadilan .. #tyo4rehab #kamibersamatyo #indonesiaadil.”

4. Baim Wong turut mendukung Tio Pakusadewo untuk direhabilitasi.

“Memang dia salah . Dan dia sudah mengakui. Teguran itu diterimanya dengan menjalankan rehabilitasi selama hampir 6 bln. Dan Ga cuma dia yg mempunyai kasus serupa di tahun 2017-2018 . Tapi kenapa cuma kasus ini yg kena hukuman 6 thn penjara , hanya untuk 0,… gram. bedanya apa kasus yg ini dengan yg lainnya? ada yg tau ..?!,” ungkap Baim Wong.

5. Aktor muda Jefri Nichol ikut mendukung pengusutan tuntutan hukum Tio Pakusadewo.

“Bersama bapak!! Orang lagi sakit ya disembuhin bukan di BUI!!! #Tyo4Rehab #MencariKeadilan #KamiBersamaTioPakusadewo #PakePasal127Aja,” kata Jefri Nichol.

6. Ari Wibowo juga mengunggah foto sebagai dukungan untuk Tio Pakusadewo.

 

“Kami bersamamu Tyo..
Pemakai adalah korban narkoba,
sebaiknya di rehab..
cuma 0,..gr udah pasti utk konsumsi pribadi, bukan utk diperdagangkan layaknya pengedar maupun bandar..
Kok bisa ya 6 thn penjara?
Apakah lebih jahat dari koruptor, pembunuh, pemerkosa yg merugikan orang lain yang tak bersalah?
Salah memang salah, tapi saya rasa hukumannya tidak sesuai porsi pelanggarannya, terlalu dilebih-lebihkan..
#tyo4rehab
#bersamatyopasukadewo,” kata Ari Wibowo.

7. Chicco Jerikho dan Putri Marino membantu Tio Pakusadewo untuk mendapatkan rehabilitasi bukan tuntutan penjara 6 tahun.

“Bersama Abah @pksdw !
Orang sakit ya di rehab jangan di bui…Saya kenal beliau,beliau panutan saya dan sudah seperti Bapak di aktoran ini…beliau orang yang sangat baik dan tulus…bukan penjahat Bukan juga pengedar, apalagi bandar, beliau adlh korban narkoba. #tyo4rehab #bersamatyopakusadewo #pakepasal127aja.”

8. Saat sidang putusan, sederet artis datang ke persidangan Tio. Hadir aktris Marcella Zalianty, Jajang C Noer, hingga Roy Marten.

foto: liputan6.com

tio bela

(brl/gib)