Resep bikin buko pandan, dessert khas Filipina yang cocok buat berbuka

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Setelah seharian berpuasa, paling enak berbuka dengan minuman-minuman dingin yang manis dan segar. Sebut saja seperti es kelapa muda, es blewah, es buah atau es campur yang pastinya bakal langsung menghilangkan rasa haus kamu.

Selain minuman-minuman tersebut ada satu jenis minuman yang namanya mungkin masih terasa asing bagi sebagian orang, yaitu buko pandan. Buat kamu yang belum pernah mendengar tentang buko pandan, kuliner ini merupakan salah satu dessert populer khas di Filipina.

Nama buko pandan sendiri sebenarnya berarti pandan kelapa muda, di mana buko artinya kelapa muda.  Hidangan penutup yang identik dengan warna hijau ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin atau beku dan dibuat dari kelapa muda serta daun pandan. Pas banget deh kalau dijadikan hidangan berbuka puasa!

Nah dari pada penasaran, berikut resep dan cara membuat dessert buko pandan yang dilansir Hoopsbyjudy dari cookpad.com, Selasa (22/5).

Bahan :

1. 2 kaleng susu evaporated
2. 1/2 kaleng susu kental manis
3. 1 bungkus nata de cocok
4. 1 buah daging kelapa muda
5. Air kelapa muda secukupnya
6. 1 bungkus agar-agar warna hijau
7. 80 gr sagu mutiara putih
8. 2-3 tetes pasta pandan
9. Garam secukupnya
10. Keju parut secukupnya untuk toping

Cara membuat:

1. Masak sagu mutiara putih yang dicampur dengan 1 tetes pasta pandan dana daun pandan sampai lunak.



2. Kemudian masak agar-agar hijau menggunakan air kelapa muda dan tambahkan dengan air biasa jika dirasa kurang. Dinginkan dan potong-potong membentuk dadu.



3. Siapkan daging kelapa muda yang sudah diserut dan juga nata de coco.



4. Campur semua bahan jadi satu dalam wadah yang sama, kecuali keju. Dinginkan.



5. Setelah didinginkan, sajikan dalam gelas dan beri taburan toping keju. Buko pandan pun siap dinikmati. Mudah bukan? Selamat mencoba!

RECOMMENDED