Resep bikin mendol tempe, perkedel gurih nan pedas khas Malang

Posted on

Brilio.net – Berbicara mengenai kuliner memang tidak ada habisnya. Apalagi jika membahas tentang kuliner asli Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Indonesia memiliki beragam jenis kuliner yang mengunggah selera.

Salah satu jenis kuliner asli Indonesia yang belum diketahui kelezatannya oleh banyak orang adalah mendol. Makanan olahan tempe yang berasal dari Jawa Timur ini biasa disajikan sebagai lauk pelengkap rawon, nasi pecel atau nasi urap.

Panganan yang rupanya mirip seperti perkedel tersebut rasanya gurih, sedikit pedas dan ada aroma jeruknya. Tempe yang digunakan pun tempe yang sudah agak basi alias tempe bosok. Untuk membuatnya, tempe ditumbuk kasar, kemudian dicampur dengan bumbu, dibentuk lonjong dan digoreng sampai matang.

BACA Juga :   Lakukan atraksi 15 jam dikubur dalam balok es, begini nasib Limbad

Nah untuk lebih lengkapnya, berikut resep dan cara membuat mendol tempe khas Malang yang brilio.net lansir dari cookpad.com, Kamis (22/3).

Bahan:
1. 450 gram tempe lama/tempe bosok
2. 1 sdm tepung tapioka
3. 1 sdt bawang putih bubuk
4. 1/2 sdt kaldu
5. 1/4 sdt lada putih bubuk
6. 1/2 sdt jahe bubuk
7. 2 sdt cabe bubuk
8. 1/4 sdt garam
9. 6 lembar daun jeruk, iris tipis
10. 2 batang seledri, iris
11. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Potong-potong tempe menjadi bagian kecil, kemudian tumbuk kasar.

2. Masukkan tempe yang sudah ditumbuh tadi ke dalam wadah lalu tambahkan bumbu-bumbu, irisan daun jeruk dan seledri. Aduk merata.