Resep mudah bikin es kacang merah, takjil manis khas kota Manado

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Azan magrib menjadi hal yang paling ditunggu oleh banyak orang di bulan Ramadan. Biasanya saat berbuka puasa, pertama kali yang disantap adalah makanan atau minuman takjil. Selain kolak pisang, salah satu minuman tradisional yang cocok untuk dijadikan takjil adalah es kacang merah.

Es kacang merah sendiri merupakan minuman khas Manado yang sangat populer. Bahkan bisa dibilang, kamu belum ke Manado kalau belum mencicipi minuman yang lebih sering disebut es kacang oleh orang Manado asli ini.

Sebenarnya selain di Manado, es kacang merah juga dapat ditemukan di beberapa daerah di Indonesia seperti di Palembang. Perbedaan yang cukup mencolok antara es kacang merah dari Palembang dan Manado yaitu es kacang merah Palembang menggunakan sirup cocopandan, sedangkan es kacang merah Manado memakai susu cokelat manis dalam pembuatannya.

Nah, kali ini Hoopsbyjudy bakal ngasih tahu resep dan cara mudah membuat es kacang merah khas Manado yang pas banget buat dijadikan takjil  berbuka puasa, seperti dilansir dari cookpad.com, Senin (4/6).  

Bahan:
1. 200 gr kacang merah kering
2. 2 buah gula jawa
3. 3 sdm gula pasir
4. 1 sdm tepung maizena
5. 1 lembar daun pandan
6. 1 bungkus santan instan
7. Es batu secukupnya
8. Susu kental manis cokelat secukupnya

Cara membuat:
1. Rendam kacang merah kering selama semalaman. Jika menggunakan kacang merah basah, cukup rendam beberapa jam saja.

2. Masak air, gula merah, gula pasir dan daun pandan. Masak hingga gula larut dan mendidih.

3. Lalu masukkan kacang merah, masak hingga matang dan terakhir tambahkan larutan maizena hingga mengental.

4. Sajikan dengan es batu yang sudah diserut atau dihancurkan terlebih dahulu, tuang santan kental dan susu kental manis cokelat di atasnya. Es kacang merah pun siap dihidangkan. Selamat mencoba!

 

RECOMMENDED