Resep mudah bikin setup pisang, kesegaran hakiki untuk berbuka puasa

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Apa sih takjil yang biasanya kamu santap saat berbuka puasa? Mungkin sebagian orang akan menjawab kolak pisang. Ya, kolak pisang memang menjadi hidangan berbuka puasa yang digemari banyak orang. Tapi selain kolak pisang, ada olahan pisang lainnya yang juga banyak dicari orang, yaitu setup pisang.

Buat kamu yangbelum pernah mendengar jenis makanan yang satu ini, setup pisang sendiri sebenarnya hidangan manis yang tidak berbeda jauh dari kolak pisang. Perbedaan yang mencolok dari keduanya yaitu, setup pisang tidak menggunakan santan seperti halnya kolak pisang.

Dikarenakan tidak menggunakan santan di dalamnya, setup pisang memiliki cita rasa yang lebih ringan. Tidak hanya itu, rasa dari hidangan penutup khas Belanda ini juga lebih segar dibanding kolak pisang. Biasanya setup pisang diberi tambahan kolang kaling dan bisa disajikan dalam keadaan dingin atau hangat.

Nah dari pada penasaran, mending coba bikin setup pisang sendiri di rumah yuk! Berikut resep dan cara mudah membuat setup pisang yang dilansir Hoopsbyjudy dari cookpad.com, Rabu (30/5).

Bahan:
1. 4 buah pisang raja, jenis pisang bisa menyesuaikan selera masing-masing
2. 600 ml air
3. 100 gr gula, bisa menyesuaikan selera masing-masing
4. 1 lembar daun pandan
5. 1/2 sdt kayu manis bubuk atau bisa diganti dengan 1 buah kayu manis

Cara membuat:
1. Masak air terlebih dahulu hingga mendidih. Lalu masukkan pisang dan bahan-bahan lainnya secara bersamaan. Aduk semua bahan hingga merata menjadi satu.

2. Masak selama kurang lebih 5 menit, kemudian angkat dan sajikan. Jika ingin segar bisa ditambahkan es batu. Setup pisang pun siap dihidangkan. Selamat mencoba!

 

RECOMMENDED