Rincian Traveling ke Thailand Ber-budget 2 Jutaan Sampai yang Gratisan. Cocok Buat Mahasiswa!

Posted on


Pengen backpacking ke luar negeri tapi gak pengen keluar biaya terlalu banyak? Nah, soal destinasi budget traveling, Thailand emang juaranya. Ada sejumlah penerbangan langsung dari Jakarta ke Bangkok. Dari sini, kamu bisa mencapai berbagai destinasi wisata favorit di Negeri Gajah Putih ini, termasuk Pattaya, kota pantai yang terkenal itu.

Nah, penasaran ‘kan gimana caranya traveling murah ke Thailand? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

1. Pastikan kamu hunting tiket pesawat promo jauh-jauh hari

Berburu tiket promo

Berburu tiket promo via avia.pro

Beban terberat ketika melakukan budget traveling yang dananya minim jelas adalah tiket pesawat yang membawa kita ke tempat tujuan. Makanya, berburu tiket promo dari jauh-jauh hari itu wajib hukumnya. Kalau perlu, kamu bisa berlangganan email newsletter dari maskapai terkait biar informasi tiket promo bisa langsung masuk ke email-mu. Kiat-kiat lain soal berburu tiket pesawat murah bisa kamu lihat di sini.

2. Nggak perlu kuatir soal akomodasi, ada sejumlah penginapan murah di pusat kota

Kaho San Road

Kaho San Road via airport.co.id

Namanya budget traveling, penginapan yang dicari tentu yang murah, dong. Soal ini, kamu gak perlu kuatir karena Bangkok memiliki sejumlah hostel maupun hotel murah yang terletak di pusat kota dan dekat dengan tempat-tempat wisata. Tarif per malamnya mulai dari 165 baht atau sekitar Rp. 63.000 saja, lho!

Menginap di Khao San Road. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju untuk mencari penginapan adalah Khao San Road yang dekat banget dengan Grand Palace. Khao San Road terkenal sebagai tempat nongkrongnya backpacker; kayak Legiannya Bali gitu, deh! Tapi, penginapan-penginapan di sini sering penuh, jadi lebih baik booking kamar dulu sebelumnya.

Oh iya, kamu juga nggak boleh melupakan Couchsurfing, karena ini adalah salah satu cara buat menghemat bujetmu secara signifikan sembari menambah teman.

3. Pengen keliling kota atau ke tempat wisata? Pake moda transportasi umum aja!

SkyTrain

SkyTrain via traveltobangkok.blogspot.com

Beda dengan Bali yang moda transportasi umumnya kurang memadai, Bangkok punya sejumlah alat transportasi umum yang bisa kamu andalkan jika ingin mengeksplorasi kota atau mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar Bangkok.

a. SkyTrain atau Bangkok Mass Transit System (BTS), MRT dan Airport Rail Link (ARL)

Rute BTS, MRT, dan ARL

Rute BTS, MRT, dan ARL via alderinagracia.com

SkyTrain atau BTS adalah salah satu moda transportasi umum andalan di Bangkok yang memiliki jalur rel layang, sehingga kamu bisa melihat-lihat seantero kota dari atas kereta dengan tarif 15-40 baht untuk tarif sekali jalan, tergantung jarak. Selain BTS, ada juga MRT yaitu kereta bawah tanah yang rutenya memutari kota Bangkok, serta ARL yang khusus melayani jalur bandara Suvarnabhumi–pusat kota Bangkok. Ketiganya beroperasi mulai dari jam 6 pagi–12 malam.

Untuk urusan harga, gak perlu khawatir. Harga tiket BTS cukup terjangkau. Hanya 15-42 Baht saja, sesuai jauh-dekatnya destinasi yang kamu tuju. Artinya, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 5.000-Rp. 15.000 saja sekali jalan.

b. Bus

Bus bisa jadi andalan

Bus bisa jadi andalan via www.phunawa.com

Di Bangkok, tersedia juga berbagai rute bus yang bisa kamu tumpangi untuk mencapai tempat tujuanmu. Trayek bus biasanya memang menggunakan bahasa Thailand, tapi kamu bisa kok menghapal berdasarkan angka yang tertera di bus. Ada bus AC maupun non-AC yang bisa kamu naiki dengan tarif 8-20 baht. Rute lengkapnya bisa kamu lihat di sini.

c. Taksi

Taksi di Thailand

Taksi di Thailand via commons.wikimedia.org

Nah, kalau kamu kebetulan traveling beramai-ramai, share taksi bareng teman-temanmu jatuhnya bisa lebih murah daripada naik bus atau BTS; nggak perlu repot jalan dari halte atau stasiun pula. Taksi di Bangkok rata-rata menggunakan argometer. Tarifnya berkisar 35 baht untuk buka pintu dan 2 baht untuk kilometer selanjutnya.

d. Tuk-tuk

Tul tuk

Tul tuk via www.dailytravel.com

Tuk-tuk adalah kendaraan bermotor khas Thailand yang bentuknya mirip bajaj. Kendaraan ini asik buat menikmati suasana jalanan kota Bangkok. Tapi, karena ini adalah kendaraan turis, tarifnya juga turis. Pastikan kamu menawar lebih dulu biar gak kena tarif yang terlalu mahal.

e. Kapal

Chao Praya cruise

Chao Praya cruise via traveltobangkok.blogspot.com

Sungai Chao Praya juga menjadi salah satu lintasan transportasi andalan kota Bangkok. Kamu bisa berkunjung ke beberapa candi terkenal menggunakan Chao Praya Express Boat ini dengan tarif mulai 15 baht.

4. Atau bahkan, kamu bisa berangkat ke Thailand secara GRATIS lewat peruntungan ini…

Siapa sih yang nggak suka gratisan? Yup, segala sesuatu yang membuat kita senang tanpa keluar biaya memang mengasyikkan. Tak terkecuali jalan-jalan ke Thailand bersama orang terkasih yang ternyata bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma lewat cara yang akan Hoopsbyjudy berikan berikut ini:

Gampang banget caranya! via bit.ly

1. Peserta menulis artikel #Advani6 dengan tema “Mereview dan Mengenal Advan Lebih Dekat Lengkap dengan Fitur Terbarunya” atau “Menulis Tentang Bagaimana Keamanan Smartphone Penting Bagi Kehidupan Sehari-Hari” dengan judul semenarik mungkin.
2. Peserta wajib follow IG @Hoopsbyjudy, @HoopsbyjudyCommunity dan @advanindonesia
3. Buka https://www.hipwee.com/
4. Klik “Buat Artikelmu” di pojok kanan atas website Hoopsbyjudy
5. Login dengan akun Facebook atau email kamu
6. Buat artikel kamu!
7. Pada bagian judul artikel yang kamu ikut sertakan dalam kontes, jangan lupa untuk menambahkan #Advani6
8. Tambahan tagar #Advani6 dalam artikel
9. Submit artikel kamu!
10. Lengkapi data dirimu di form pendaftaran di sini (WAJIB)
11. Jangan lupa bagikan artikelmu ke sosial media, dan tambahkan hashtag #Advani6 #HoopsbyjudyXAdvan di captionnya (WAJIB!)

Nah, kenapa sih kamu harus ikut Kompetisi Menulis HoopsbyjudyXAdvan ini?

  1. Kamu berkesempatan mendapatkan hadiah jalan-jalan ke Thailand untuk dua orang secara GRATIS!
  2. Kamu bisa mendapatkan unit handphone Advan i6 tanpa harus keluar biaya sepeserpun
  3. Kamu NGGAK HARUS punya handphone Advan i6 dulu buat nulis review-nya, karena Hoopsbyjudy dan Advan sudah menyediakan referensi atau rujukan untuk membantumu menulis di bit.ly/hipweexadvan
  4. Periode lomba masih cukup lama, yakni kurang lebih 2 minggu lagi
  5. Penilaian bersifat obyektif dan MURNI dari keunikan tema oleh setiap peserta kompetisi.

Hoopsbyjudy tunggu artikelmu paling lambat tanggal 10 Juni 2018 pukul 23.59 WIB, ya! Nggak usah pusing atau bingung, karena kamu bisa lihat informasi lengkap mengenai lomba berhadiah menggiurkan ini di sini. Good luck, pecinta gratisan!

5. Soal makanan pun tak perlu risau. Kamu bisa menikmati Thai street food yang murah meriah tapi tetap lezat

Street food di Khao San

Street food di Khao San via travelinmyfootsteps.wordpress.com

Di Bangkok, kamu nggak perlu khawatir soal makan. Makanan yang dijajakan di kaki lima alias street food cukup pas di lidah orang Indonesia. Tapi, ada satu tantangan yang bakal kamu hadapi, yaitu menemukan makanan halal, karena umumnya masakan Thailand mengandung babi.

Harga makanan di sana berkisar antara 20-50 baht. Jangan lupa juga mengkonsumsi buah-buahan, karena selain sehat, harganya juga murah banget.

6. Untuk menghemat danamu yang memang terbatas, kamu bisa melakukan beberapa hal seru berikut:

Di Bangkok, kamu bisa melakukan hal-hal yang menarik tanpa harus keluar uang. Nggak percaya? Ini dia beberapa di antaranya…

a. Berwisata religi di candi-candi

Wat Indra Viharn

Wat Indra Viharn via en.vietnamitasenmadrid.com

Bangkok memiliki banyak kuil dan candi indah dan banyak yang tidak memungut biaya saat kita memasukinya. Wat Mangkorn Kamalawat di Chinatown, Wat Indraviharn di Dusit, and Wat Patum Wanaran di pusat Bangkok–terletak di antara mal Paragon dan Central World Plaza–adalah tiga di antaranya.

b. Menjelajah Bangkok Art & Culture Center

Bangkok Art and Culture Center

Bangkok Art and Culture Center via westcountyexplorersclub.com

Pusat kesenian yang dibuka tahun 2008 ini memamerkan sejumlah karya seni modern di dalam bangunan setinggi sebelas lantai. Di luar ruangan, kamu juga bisa melihat karya seni instalasi yang dipajang. Selain itu, arsitektur bangunannya yang modern juga asik untuk dijelajahi.

c. Meregangkan tubuh di Lumphini Park

Lumphini Park

Lumphini Park via www.tomarhawk.com

Kalau kamu mau bercengkerama dengan warga lokal, di sinilah tempatnya. Lumphini Park merupakan ruang publik yang menjadi tempat warga Bangkok beraktivitas. Di pagi hari, kamu bisa mengamati tari kipas tradisional, berlatih Tai Chi, atau sekadar jogging. Di sore hari, ada kelas aerobik gratis yang bisa kamu ikuti.

d. Blusukan ke pasar-pasar tradisional

Thewet Market

Thewet Market via www.explorertousazimuts.fr

Main ke Bangkok belum lengkap jika kamu belum mengunjungi pasar-tradisionalnya. Thewet Market dan Khlong Toey Market adalah dua dari sejumlah pasar tradisional yang menawarkan pemandangan kehidupan sosial warga Thailand.

Atau, kamu juga bisa menyambangi Chatuchak Weekend Market yang cuma buka di akhir pekan. Ada aneka barang dagangan dijajakan di sini. Lumayan buat cari oleh-oleh dengan harga miring.

e. Mengamati serangga di Bangkok Butterfly Garden & Insectarium

Bangkok Butterfly Garden and Insectarium

Bangkok Butterfly Garden and Insectarium via www.sac.or.th

Di dekat Chatuchak Market, ada taman kupu-kupu tertutup di dalam Rot Fai Park. Di sini kamun bisa mengamati ratusan kupu-kupu dan berbagai jenis serangga lainnya. Kalo kamu nggak suka serangga, kamu juga bisa mengamati bunga di Queen Sirkit park.

f. Berwisata sejarah ke berbagai museum

Royal Elephant Museum

Royal Elephant Museum via www.grumpytraveller.com

Kalo kamu suka wisata museum, Bangkok mempunyai empat museum yang tidak dipungut bea masuk. Ada Silpa Bhirasri Memorial & Museum, yang memamerkan karya Silpa Bhirasri, Bapak Seni Thailand Modern. Ada pula Bangkokian Museum, yang menyajikan kehidupan masyarakat Bangkok di pertengahan abad 20. Lalu Royal Elephant Museum yang didedikasikan bagi satwa yang paling dihormati di Thailand, yaitu gajah. Terakhir, ada Correction Museum yang dulunya adalah bekas penjara.

g. Menjelajahi atmosfer Chinatown dan Khao San Road

Chinatown Bangkok

Chinatown Bangkok via www.heinzalbers.org

Chinatown adalah salah satu bagian tertua di kota Bangkok yang menawarkan pemandangan hiruk-pikuk warga di gang sempit di Yaowarat Road. Tempat ini dipenuhi pertokoan, kios, dan penjaja makanan yang menawarkan beragam hal, mulai dari pernak-pernik sampai obat herbal.

Sementara Khao San adalah kampungnya para backpacker yang dipenuhi dengan bar, guesthouse, hostel, hotel murah, penyedia jasa tur, toko yang menjual bermacam keperluan, serta penjaja street food. Jalan ini merupakan salah satu jalan paling hidup yang menawarkan pengalaman menarik.

Jadi, rincian perkiraan biaya untuk backpacking ke Thailand selama 3 hari adalah sebagai berikut:

Tiket pesawat PP: 2 x Rp900.000 =

Rp1.800.000

Menginap: 2 malam x Rp 80.000 =

Rp160.000

Transportasi selama di Bangkok:

Rp200.000

Makan: 4 x Rp25.000

Rp100.000

Total: Rp2.260.000

Perkiraan di atas hanyalah perhitungan kasar yang tentu bisa berubah tergantung rencana perjalananmu. Tapi, setidaknya dengan 2 jutaan pun kamu udah bisa jalan-jalan ke Thailand. Jadi, jangan cuma mimpi deh, siapkan paspormu sekarang!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya