Rumahmu Nggak Butuh AC Lagi, Kalau Sudah Ada 10 Tanaman Rambat yang Berbunga Terus Ini

Posted on

Tanaman rambat untuk teras rumah

Rasanya cuaca zaman sekarang makin ke sini makin panas saja. Nggak heran, ketika berada di dalam ruangan, inginnya setel kipas angin atau AC buat bikin adem hawanya. Padahal, ada lho cara mudah buat mengurangi tingkat kepanasan ruangan di dalam rumah. Salah satunya adalah menanam tanaman rambat pada dinding, kanopi ataupun pagar. Nggak cuma bikin teduh, tanaman rambat juga berfungsi sebagai hiasan yang mempercantik tampilan hunian.

Meski kamu belum punya rumah sendiri, nggak ada salahnya kalau kamu mulai hunting beberapa pilihan tanaman ini. Uniknya, tanaman-tanaman ini nggak cuma bernuansa hijau dedaunan saja, tapi juga terus berbunga sepanjang harinya. Cantik deh pokoknya!

1. Bugenvil yang kelopak bunganya tipis kayak kertas ini bisa jadi pilihan tanaman yang mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini bisa bertahan dan tumbuh terus tanpa perlu disiram setiap hari lho!

si bunga kertas via hikarinobe.com

Sebenarnya, bagian yang mirip kertas dan berwarna-warni itu adalah bagian dari daun. Sedang bunga aslinya berwarna putih yang berada di balik kelopak daun tersebut. Nah, kalau sudah tua, batang bugenvil akan mengeras. Makanya, pangkaslah rutin biar bentuknya tetap indah, ya!

BACA Juga :   Hotel Merapi Merbabu: Menengok Gunung Merapi dari Penjuru Paling Urban Yogyakarta

2. Morning glory ini cocok banget ditanam di daerah yang panas banget atau dingin banget. Batangnya enteng tapi tetap keras, bunganya akan mekar di pagi hari dan punya aroma yang segar

bunganya mekar di pagi hari via www.sunset.com

Tanaman ini terkesan ringan dan simpel, tapi bisa tumbuh sangat rimbun. Warna kelopak bunganya juga unik tergantung pada peletakannya. Berwarna ungu kalau di daerah panas yang intens kena cahaya matahari, dan berwarna biru kalau di daerah dingin dan kurang cahaya matahari. Perawatannya pun cukup mudah, Morning Glory ini perlu pemupukan tiap 2-2,5 bulan sekali dan penyiraman setiap 5-7 hari sekali.

3.  Buatmu yang tinggal di dataran tinggi yang suhu udaranya sejuk, tanamlah Clematis di dinding atau pagar rumahmu

bunganya mirip melati via photos.hgtv.com

Bunga Clematis bisa bertahan hidup di daerah yang suhu udaranya cenderung rendah. Bunganya mirip melati, tapi sekalinya berbunga, Clematis bisa menghasilkan bunga yang banyak sekali. Aromanya juga harum menenangkan. Jika kamu ingin warna yang lebih atraktif, pilihlah Clematis yang kelopak bunganya berwarna keunguan.

BACA Juga :   4 Alasan Kenapa Artis-artis K-Pop Ini Diundang Tampil di Korea Utara. Momen Langka Nih!

4. Kalau kamu menginginkan tanaman rambat yang bunganya jarang-jarang tapi ukurannya besar dan berwarna cerah, pilih saja Alamanda

Alamanda si bunga kuning via www.pinterest.co.uk

Bunga dengan kelopak warna kuning atau merah muda ini mudah dijumpai di Indonesia. Meski berbunga terus, jumlah bunga Alamanda nggak sebanyak Bugenvil atau Clematis. Biasanya, Alamanda ditanam sebagai pagar hijau. Tapi juga bisa dijadikan tanaman kanopi asal rangkanya kuat. Maklum, tumbuhnya lebat banget.

5. Jika ingin pagar atau dindingmu bernuansa ungu selain Morning Glory, kamu bisa pilih Petrea Volubilis sebagai tanaman rambatnya

kalau yang ini mirip Lavender via annisahometreatment.com

Tanaman yang juga punya nama lain Blue Bird Vine, Purple Wreath, Purple Vine dan Queen’s Wreath ini berasal dari Amerika Tengah, tapi bisa tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia. Sekilas mirip lavender dengan bunga berwarna ungu cerah yang mekar di sepanjang batangnya. Uniknya, sebelum bunganya gugur, kelopak bunganya perlahan memucat dan berubah menjadi hijau lho!

Letakkan Petrea ini di tempat yang dapat sinar matahari penuh serta lakukan penyiraman sekali sehari.