Saat Di Perantauan, 5 Hal Ini Bisa Mengobati Kerinduanmu dengan Keluarga. Jangan Sedih ya

Posted on


cara mengobati rindu keluarga di rumah

Ketika sedang berada jauh dari rumah, terkadang separuh jiwa kita serasa tertinggal di sana. Bukannya nggak betah di perantauan, atau alih-alih ogah dibilang cengeng. Tapi rasa rindu orang-orang rumah memang seringnya menghampiri tanpa kenal waktu dan kondisi. Benar juga kata orang, jarak lah yang akhirnya menyadarkanmu betapa berharganya keluarga di rumah.

Namun selalu ada cara, untuk sedikit mengobati rindu yang menggebu. Meski tak seratus persen bisa membantumu mengisi relung yang menganga di dada, tapi setidaknya cara berikut ini akan membuat perasaanmu agak baikan. Karena nggak selamanya rindu itu menyakitkan, terkadang keberadaanya patut dirayakan.

1. Foto salah satu cara kita mengingat sebuah masa. Masa yang pernah terlewati, tersimpan rapi dalam bingkai yang dihiasi wajah orang-orang tersayang

Bisa dipajang di meja belajar kosan. via lorinmariephotography.com

Meski hanya memandangi wajah-wajah orang yang kamu kasihi dalam sebuah bingkai foto, setidaknya itu bisa mnegurangi rasa kangenmu untuk pulang. Melihat bagaimana mereka tersenyum, bahagia dalam suatu momen yang tidak terlupakan, lalu mengingat bagaimana momen itu diabadikan terkadang sudah cukup bikin hati kamu adem. Memasang foto keluarga di kamar, atau sekadar menyimpan  dan melipatnya di dompetmu juga bukanlah ide buruk.

2. Menghubungi keluarga di rumah, entah sekadar telepon atau video call, tetap jadi cara yang efektif buat mengisi kerinduan

Tanya saja kabar mereka. via thoughtcatalog.com

Di zaman yang sudah serba canggih ini, komunikasi bukanlah sebuah kendala. Menghubungi keluargau melalu telepeon atau sekadar berkirim pesan setidaknya bisa memberikanmu informasi dan kabar orang-orang terkasih. Tentu saja hal ini efektif buat mengobati kekangenanmu terhadap rumah.

3. Kalau kamu telaten, coba tanyakan resep masakan ibumu. Setidaknya masakan khas rumah bisa membuatmu nggak lagi rindu

Sekalian belajar masak. via www.leafly.com

Meski hanya sesederhana sup ayam, atau oseng jamur pedas yang diolah oleh sang ibu saja bisa membawa memori-memori rindu rumah. Nggak ada salahnya untuk mulai mencoba memasak makanan yang semirip mungkin. Walaupun nanti hasilnya nggak sempurna, setidaknya proses memasak dan apa yang kamu makan bisa jadi obat kekangenanmu. Kamu pun jadi makin tau betapa nggak mudahnya jadi ibu dan betapa berharganya mereka dalam hidupmu.

4. Simpan dengan baik barang pemberian orangtua dan saudara-saudaramu. Suatu saat kamu akan mengenang betapa manisnya hadiah kecil itu

Jangan dilihat dari nilainya, tapi maknanya. via www.valleyofthesunhomecare.com

Nilai barang pemberian orang tersayang memang nggak seberapa, tapi maknanya bisa sangat laur biasa. Walau hanya sekadar hiasan dinding, pakaian, atau barang remen temeh sekalipun sebenarnya mengandung maknya ketulusan yang tiada tara. Menyimpan barang pemberian mereka bisa sedikit mengobati kerinduan. Lewat barang-barang itulah kamu akan mengingat momen kebersamaan saat mereka memberi hadiah tersebut. Secara nggak langsung barang tersebut juga bisa mewakili kehadiran mereka yang sedang kamu rindu, lho.

5. Meresapi kembali nasihat orangtua serta saudara-saudaramu, supaya kamu mengerti betapa hangat cara mereka menjagamu

Bahkan adikmu kadang punya oendapat yang jujur. via www.gobankingrates.com

Pertengkaran hingga kesalahpahaman bukanlah hal yang asing dalam hubungan keluarga. Terkadang kamu merasa orangtua, kakak, atau bahkan adikmu sudah terlalu mencampuri urusan pribadi dan kamu pun dibuatnya sebal. Pada dasarnya apa yang ingin mereka sampaikan punya tujuan baik dan semuanya demi menjagamu. Maka ingatlah selalu nasihat-nasihat mereka. Walau sulit dilakukan, namun mengingatnya saja saat kamu rindu bisa membuat air matamu menetes. Kamu pun jadi lebih tau makna keluarga lebih dalam lagi.

Rindu memang hal paling abstrak untuk dijelaskan. Bahkan Dilan saja menganggap rindu itu berat. Maka selagi kamu bisa merasakan rindu, nikmatilah prosesnya dengan baik. Walau bikin geregetan, rindu bisa mengindikasikan perasaan sayangmu pada seseorang. Semoga hal-hal sederhana di atas bisa membantumu menghadapi rindu yang beratnya nggak terkira itu ya. Jalani hidup dengan bahagia ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya