Saat Nggak Bisa Mudik Lebaran, 5 Resep Masakan Rumahan Ini Obati Rindu Kampung Halaman

Posted on


Lebaran sebentar lagi. Baik para karyawan maupun pelajar, semuanya bersuka cita sebab libur Lebaran akan tiba. Momen yang sudah sangat ditunggu-tunggu bahkan semenjak puasa dimulai, sebab Lebaran selalu menawarkan kehangatan suasana yang tiada tandingannya.

Namun terkadang hidup berjalan nggak sesuai rencana. Ada saja hal yang nggak terduga yang membuatmu nggak bisa mudik Lebaran. Entah karena nggak ada biaya untuk pulang atau jatah libur yang nanggung untuk pulang ke kampung halaman. Jangan bersedih! Hoopsbyjudy punya obat penawarnya. Kenapa kamu nggak coba saja membuat menu makanan yang biasa ibumu masak di rumah saat Lebaran. Berikut 5 resep yang bisa mengobati kerinduanmu akan kampung halaman.

1. Lebaran nggak lengkap rasanya tanpa opor ayam. Daripada beli, mending masak sendiri dan ajak temanmu yang nggak mudik makan bareng

Obat penawar rindu via cookpad.com

Keerinduan adalah hal yang pasti menyiksamu saat lebaran di perantauan. Mungkin kamu sudah berusaha menangkalnya dengan menelpon orang rumah. Tapi pasti akan ada saja yang kurang, apalagi kalau bukan rasa kesepian. Untuk mengatasi keduanya, menyantap resep opor ayam bareng teman senasib sepenanggungan adalah jawabannya.

Bahan-bahan:

  • 20 potong daging ayam (1 ekor)
  • Air jeruk nipis
  • 3 butir kemiri
  • 3 siung bawang putih
  • 8 siung bawang merah
  • 1 ruas kencur
  • 1 ruas jahe
  • Lada
  • 2 lembar daun jeruk
  • Sereh di keprek 1 batang
  • Terasi (tergantung selera)
  • 1 butir kelapa parut
  • Gula pasir
  • Garam

Cara pembuatan:

  1. Cuci bersih potongan daging.
  2. Beri garam dan jeruk nipis. Biarkan sampai 5 menit, lalu cuci kembali.
  3. Goreng potongan ayam setengah matang.
  4. Bakar kemiri, kunyit, jahe dan terasi.
  5. Ulek hingga halus bawang merah, bawang putih dan tambahkan bumbu yang dibakar tadi. Sisihkan.
  6. Siapkan santan dari kelapa parut yang dicampur dengan 1 liter air.
  7. Tumis bumbu yang dihaluskan tadi hingga tercium aroma wangi sedap ke dalam wajan yang berisi sedikit minyak goreng.
  8. Masukkan santan dan ayam, aduk sebentar. Beri garam, gula pasir, daun jeruk dan sereh.
  9. Masak terus sampai air santannya sedikit menyusut. Angkat.
  10. Sajikan opor ayam dengan diberi taburan bawang merah goreng di atasnya.

2. Biar makin sedap, opor ayam akan semakin mantap disantap bareng ketupat. Hitung-hitung belajar, nggak ada salahnya ‘kan buat sendiri

Ketupat via bripoin.com

Menyantap opor ayam tanpa ketupat bagaikan menikmati sayur sop tanpa nasi, kurang nikmat dan mengenyangkan. Nah sebagai pelengkap hidangan lebaran ada baiknya kalau kamu mencoba membuatnya sendiri, biar lebih mantap aja gitu

Bahan-bahan Ketupat:

  • 250 gram beras
  • 1/3 sendok teh garam
  • 3 lembar daun pandan
  • 6 liter air
  • Kulit ketupat (bisa dibeli di pasar tradisional)

Cara pembuatan:

  1. Tambahkan garam pada beras yang sudah dicuci. Aduk rata.
  2. Masukan beras ke dalam kulit ketupat yang terbuat sebanyak 60% dari total volumenya.
  3. Masukan ketupat beras ke dalam panci presto. Tuang air lalu tambahkan daun pandan. Masak.
  4. Setelah muncul uap, segera tutup katup pada penutup panci dan ubah api menjadi api sedang, masak selama 1 jam. (jika tidak mempunyai panci presto bisa menggunakan panci biasa dan masak ketupat sampai 3 jam).
  5. Saat selesai, jangan langsung buka penutup panci. Biarkan terlebih dahulu hingga suhunya menurun, agar tidak meledak.
  6. Tiriskan ketupat, dan gantung ketupat agar benar-benar kering.

3. Jangan lupa bikin sambal goreng ati, biar kenikmatanmu semakin hakiki. Tenang, buatnya nggak sulit kok

Pedes Gurih via www.rumahmesin.com

Kehadiran sambal goreng ati bisa menambah kenikmatan lebaran. Rasa gurih dan pedasnya menggenapi ingatanmu tentang suasana rumah bareng keluarga.

Bahan-bahan:

  • 5 pasang ati ampela
  • Gula pasir
  • 2 butir bawang merah, iris tipis
  • 2 sdm minyak
  • 250ml air asam jawa
  • Kentang
  • Gula jawa
  • Garam dan gula
  • 10 buah cabai merah
  • 15 bawang merah
  • 1 bawang putih
  • 2 sdm minyak
  • Daun salam
  • Asam jawa secukupnya

Cara pembuatan:

  • Tumis irisan bawang merah. Tambahkan ati ampela, asam jawa, dan gula. Aduk rata dan diamkan hingga ati ampela matang.
  • Kupas kentang seecukupnya. Potong-potong membentuk dadu.
  • Panaskan minyak dan goreng kentang hingga matang kecoklatan.
  • Haluskan 10 buah cabai merah, 15 bawang merah, 1 bawang putih, 2 sdm minyak, daun salam dan asam jawa secukupnya
  • Tumis bumbu yang telah halus sampai wangi. Tambahkan gula jawa dan daun salam, masak hingga gula mencair.
  • Masukan ati ampela dan kentang. Aduk hingga bumbu meresap dan merata
  • Tambahkan gula dan garam, aduk merata.
  • Diamkan hingga kering di atas api kecil selama 5 menit. Angkat dan sajikan bersama dengan ketupat.

4. Masakan beratnya udah, sekarang giliran cemilannya. Nastar keju, salah satu cemilan Lebaran yang mudah cara pembuatannya

Beli? Bikin sendiri dong via www.ina-cookies.com

Lebaran juga identik dengan cemilan. Salah satu cemilan paling kondang adalah nastar. Mungkin kamu berpikiran kenapa nggak membeli saja sih? Memang sih lebi praktis membeli, cuma apa gregetnya. Justru ingatan tentang ibu yang membuat nastar sebelum ramadan menjadi menara ingatan yang mesti kamu ingat.

Bahan-Bahan:

  • 250 gram margarin
  • 2 butir kuning telur rebus
  • 3 butir kuning telur mentah
  • 600 gram tepung terigu
  • 100 gram gula halus
  • 100 gram tepung maizena
  • 50 gram susu bubuk
  • 100 gram keju kraft
  • Selai nanas

Cara pembuatan:

  1. Campurkan tepung terigu dengan tepung maizena dan susu bubuk.
  2. Masukan kuning telur dengan margarin dan gula. Aduk hingga mereata.
  3. Tambahkan keju kraft. Aduk. (sisakan keju untuk topping)
  4. Setelah adonan kalis, bentuk sesuai selera. Kemudian isi dengan selai nanas.
  5. Masukan adonan ke dalam oven dengan api yang kecil.
  6. Setelah cukup padat, olesi nastar pakai kuning telur dan taburkan atasnya parutan keju. Lalu oven hingga matang.
  7. Angkat lalu tiriskan

5. Selain itu, cemilan kastengel juga patut kamu coba. Belajar bikin sendiri sekali-kali, siapa tahu enak kan bisa jadi bisnis

Kalau enak bisa jadi bisnis via www.ranicookies.com

Cemilan lain yang patut kamu coba bikin lagi adalah kastengel. Cita rasa kastengel yang gurih, renyah dan nikmat cocok untuk menemani pagimu sembari meneguk teh hangat setelah salat Id.

Bahan-Bahan:

  • 1 butir kuning telur
  • 370 gram tepung terigu
  • 225 gram margarin
  • 3 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok makan mentega
  • 40 gram gula halus
  • 3 sendok makan susu bubuk
  • 180 gram keju parut
  • ¼ sendok teh garam
  • Vanili bubuk
  • Keju parut secukupnya

Cara pembuatan:

  1. Kocok gula halus, mentega, margarin, vanili, garam, keju parut, dan kuning telur.
  2. Masukan tepung maizena, tepung terigu, dan susu bubuk. Aduk sampai adonan nggak lengket dan bisa dibentuk.
  3. Cetak adonan pada loyang diolesi margarin.
  4. Oleskan kuning telur dan taburkan parutan keju pada permukaannya.
  5. Masukkan adonan ke dalam oven panas. Tunggu sampai 20 menit atau kue berwarna kecokelatan.
  6. Angkat dan sajikan.

Itulah beberapa resep khas Lebaran di rumah yang bisa membantu mengobati rasa rindumu akan kampung halaman di hari Lebaran nanti. Tetap semangat meski nggak bisa pulang. Selamat mencoba

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya