Sama-sama bersantan, ini beda gulai, gule, opor dan tongseng

Posted on

Hoopsbyhudy.com – Jenis kuliner Indonesia sangat beragam. Mulai dari makanan manis berupa jajanan pasar sebagai pencuci mulut, hingga makanan berat yang kaya campuran bumbu dan rempah-rempah.

Salah satu kuliner Indonesia yang digemari banyak orang adalah makanan berkuah santan. Jenis kuliner ini kerap dijumpai di Rumah Makan Padang. Memang hampir semua menu makanan di Rumah Makan Padang memiliki tekstur kental dengan bumbu rempah dan santan yang kaya.

Beberapa kuliner khas Indonesia yang menggunakan santan antara lain gulai, gule, opor dan tongseng. Keempat makanan ini merupakan jenis kuliner bersantan yang paling populer. Selain itu, keempat jenis makanan ini juga menggunakan bumbu dasar yang sama seperti bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe dan serai.

BACA Juga :   Ramalan kocak Dilan ke Milea ini endingnya makjleb banget, awas baper

Selain memakai bahan bumbu dasar yang sama, empat makanan ini juga mempunyai tampilan serupa. Nah biar kamu nggak bingung dan salah sebut lagi, berikut perbedaan gulai, gule, opor dan tongseng yang dirangkum Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Jumat (13/4).

1. Gulai.

foto: resepkoki.id

Gulai merupakan kuliner yang cukup terkenal, terutama di daerah Sumatera. Gulai biasa diolah dengan ikan tenggiri atau kakap dan kambing. Namun kini gulai juga seudah sering dimasak dengan ayam, bebek, jeroan dan sayuran berupa daun singkong. Rasanya gurih dan agak pedas dengan tekstur kuah kental berwarna merah atau kuning. Tambahan bumbu yang digunakan pada gulai terdiri dari ketumbar, adas, jinten, lada, cabai dan kunyit. Warna merah didapat dari cabai, sedangkan warna kuning berasal dari kunyit.

BACA Juga :   Benarkah ‘BFF’ untuk mengecek keamanan di Facebook?

2. Gule.