Secara Statistik, Indonesia Kekurangan Jumlah Cewek Lho. Masih Ingin Poligami?

Posted on
Data demografi adalah data kependudukan yang melekat pada suatu daerah tertentu dan merupakan sesuatu yang dinamis menurut perkembangan waktu. Yang ada di dalamnya adalah: jumlah penduduk, tingkat pendidikan, migrasi dan sex ratio atau rasio jenis kelamin. Rasio ini menggambarkan jumlah perbandingan penduduk cowok dan cewek dalam suatu wilayah. Rasio senilai 98 di kota X, artinya dalam 100 cewek ada 98 cowok di kota tersebut.

Kaitannya dengan rasio jenis kelamin, tentunya kita nggak bisa nggak mengaitkan dengan adanya hubungan pernikahan. Bagaimana kalau jumlah penduduk cewek dan cowok nggak imbang? Lalu kalau poligami bagaimana? Apakah ada salah satu jenis kelamin yang ‘nggak kebagian’ jodoh? Dan sederet pertanyaan lainnya.

BACA Juga :   Liburan ala Kampung Eropa di Devoyage Bogor. Nikmati Suasana Eropa yang Murah Meriah!

Data yang dilansir dari statistik Indonesia ini menggambarkan bahwa rasio cewek dan cowok di Indonesia nggak berbeda jauh, malah justru lebih banyak cowok . Artinya cowok sebetulnya nggak perlu poligami karena pasti dapet cewek. Dalam tulisan ini akan dijabarkan daftar rasio jenis kelamin masing-masing daerah di Indonesia.

Disclaimer: tulisan ini bukan bermaksud menyangkal adanya pembolehan poligami di agama tertentu. Lalu penyebutan istilah jomblo atau ‘kebagian jodoh’ dimaksudkan sebagai hiperbolis untuk statistik rasio.