Sederet musisi kolaborasi bikin lagu peduli pendidikan, keren abis

Posted on


Hoopsbyhudy.com – Jika ada yang beranggapan pendidikan adalah semata-mata urusan sekolah. Salah besar. Sejatinya, pendidikan adalah tanggung jawab semua pihak. Baik pemerintah, sekolah, dan masyarakat.

Nah untuk mengampanyekan gerakan ini, Jaringan Semua Murid Semua Guru (#Semua Murid Semua Guru/SMSG) yang diinisiasi praktisi pendidikan Najelaa Shihab menggunakan berbagai cara, termasuk musik. 

Endah N Rhesa (Hoopsbyjudy/yani andryansjah)

Nggak tanggung-tanggung, Najelaa menggandeng tujuh musisi papan atas dalam pembuatan lagu Semua Murid Semua Guru sekaligus video klipnya. Oh iya, lagu ini diciptakan secara keroyokan oleh Andien Aisyah, Endah N Rhesa, Glenn Fredly, Tompi, Tulus, Vidi Aldiano. Aransemennya digarap Endah N Rhesa. Dinyanyikan seluruh musisi, termasuk Indra Azis.

Uniknya, proses pembuatan lagu ini menjadi tempat belajar bagi para musisi. Hebatnya lagi, mereka mesti menyelesaikan seluruh proses lagu ini kurang dari dua minggu.

“Kami sudah harus menyelesaikan musik dalam tahapan mixing atau mastering. Kita juga harus menjahit bagian-bagian vokalis. Setelah selesai proses recording kami membuat video klip,” tutur Endah N Rhesa dalam sebuah acara diskusi pendidikan baru-baru ini di Jakarta.    

Ide awal pembuatan lagu ini datang dari Najelaa. Dia pun menghubungi sejumlah musisi yang ingin terlibat. Gayung pun bersambut. Para musisi sangat senang dilibatkan dalam project kilat ini.

“Senang banget bisa terlibat dalam project ini. Begitu kumpul bareng Mba Ela (Najeela), tercetus ide gimana kalau bikin musik dengan tema SMSG,” kata Endah.

Awalnya hanya lima musisi. Tapi akhirnya mereka juga melibatkan  Tompi untuk pembuatan video klip dan Vidi Aldiano dalam penggarapan lirik. Menurut Endah, awalnya susah banget lho menyatukan para musisi dengan segala kesibukan masing-masing.

Namun karena memiliki kepedulian yang sama di dunia pendidikan, akhirnya project ini bisa berjalan mulus. Dalam penggarapan lagu juga sebetulnya nggak terlalu sulit. Maklum, musisi yang dilibatkan rata-rata juga pencipta lagu.

“Mereka pencipta lagu hebat jadi ketika dapet tantangan seperti ini mengalir aja. Habis meeting bikin lagu langsung jadi, sejam dengan minjem gitar tetangga,” kata Rhesa.

Mulai dari proses aransemen sampai ke dapur rekaman hanya dibutuhkan waktu kurang dari lima hari. Malah, beberapa bait dibuat langsung di studio saat rekaman.

Alasan keikutsertaan para musisi dalam project ini karena mereka miris melihat kenyataan dunia pendidikan di Indonesia. Karena itu mereka ingin berkontribusi lewat lagu. Nah pesan utama dalam lagu ini mengajak semua pihak untuk peduli dan terlibat dalam pendidikan.

Video dan musik SMSG dirilis hari ini, bertepatan dengan perayaan peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Momennya pas, temen-temen akan perform dan akan dirilis video klipnya karena semua pihak murid, guru, pemerintah bisa melihat,” kata Najeela.

Setelah itu lagu ini dapat diakses di berbagai platform digital dan video klipnya ditayangkan di kanal YouTube Semua Murid Semua Guru. Keren abis pokoknya.

Nih behind the scene pembuatan lagu Semua Murid Semua Guru

 

 

 

(brl/red)