Selain digoreng dan rebus, ini 9 kreasi olahan singkong khas Indonesia

Posted on

Hoopsbyhudy.com – Mungkin bagi hampir seluruh masyarakat Indonesia, tentu sudah tidak asing lagi dengan singkong. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia jenis umbi-umbian ini menjadi makanan pokok menggantikan nasi putih.

Singkong atau yang dikenal juga dengan nama ketela, merupakan salah satu jenis buah dari tanaman umbi-umbian yang dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan juga daunnya dijadikan sayuran. Saat masih mentah daging singkong bertekstur keras dengan warna kulit yang berwarna cokelat tua atau kehitaman.

Sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh, singkong kerap dijadikan berbagai macam olahan makanan seperti singkong rebus atau singkong goreng. Namun selain kedua olahan tersebut, masih ada juga kreasi olahan singkong lainnya dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA Juga :   10 Potret Natasha dan Verrel adu tatap dalam jarak dekat, mesra abis

Apa sajakah kreasi olahan tersebut? Dirangkum Hoopsbyjudy dari berbagai sumber, Senin (16/4), berikut 9 kreasi olahan singkong khas Indonesia selain direbus dan digoreng.

1. Tiwul.

foto: cookpad.com

Kreasi olahan singkong satu ini merupakan makanan khas Gunungkidul. Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan lalu ditumbuk. Kuliner khas Indonesia ini mempunyai cita rasa manis khas singkong dengan warna kecokelatan. Biasanya tiwul juga bisa disajikan sebagai makanan pengganti nasi. Selain daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Wonogiri, pacitan Dan Blitar juga mengonsumsi makanan ini sehari-hari.

2. Timus.

foto: blingurah.com

Timus merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang keberadaannya mulai jarang terlihat. Berbahan dasar singkong parut serta kelapa parut membuat kuliner manis satu ini begitu enak saat disantap. Warna merah kecokelatan pada timus berasal dari gula merah yang diaduk dengan adonan dan menyatu saat dikukus.

BACA Juga :   Sama-sama dekat Igun, ini 9 beda gaya Ayu Ting Ting & Miss Thailand

3. Combro/Misro.

foto: katalogkuliner.com

Nama olahan singkong yang satu ini merupakan singkatan dari oncom dijero yang artinya oncom didalam. Kuliner khas Jawa Barat ini terbuat dari parutan kasar singkong yang kemudian diisi dengan oncom di dalamnya dan digoreng. Jika combro berisikan oncom, sedangkan misro berisikan gula merah.

4. Gethuk.

foto: chemember.wordpress.com

Kepopuleran gethuk, membuatnya mempunyai lagunya sendiri. Ya, sesuai dengan lagunya gethuk merupakan makanan yang terbuat dari singkong. Makanan ini sangat populer di kalangan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kuliner manis ini terbuat dari singkong yang sebelumnya direbus kemudian ditumbuk halus. Biasanya disajikan dengn sedikit taburan kelapa parut.

5. Sawut singkong.

BACA Juga :   Meski Menyebalkan, 6 Hal Ini Membuktikan Cowok yang Cuek Tetap Serius menjalani Hubungan

foto: resepdanmasakan.com